PEMBERIAN KONSENTRAT TERNAK SAPI POTONG TERHADAP PERTAMBAHAN BOBOT BADAN DI USAHA PETERNAKAN JULI MAKMUE KABUPATEN BIREUEN

Raja Will Firdaus, Suryani Suryani

Sari


ABSTRAK

          Penelitian telah dilakukan di Usaha Peternakan Juli Makmue Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen yang berlangsung pada tanggal 2 Desember 2017 sampai dengan 2 Maret 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur perbedaan pertambahan bobot badan harian sapi Usaha Peternakan Juli Makmue Kabupaten Bireuen. Materi yang digunakan adalah 20 ekor sapi yang terdiri dari 6 ekor sapi Brahman, 8 ekor sapi Bali dan 6 ekor sapi Peranakan Onggole yang berumur sekitar 2,5 sampai 3 tahun. Rancangan percobaan yang digunakan adalah dengan uji T independen untuk membedakan 3 perlakuan. Data yang dianalisis terdiri dari 3 perlakuan dengan 3 ulangan untuk mengetahui pengaruh dari perbedaan perlakuan. Perlakuan A terdiri dari hijauan 50% dan konsentrat 50%, perlakuan B terdiri dari hijauan 40% dan konsentrat 60%, perlakuan C terdiri dari hijauan 30% dan konsentrat 70%. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah pertambahan bobot badan harian. Hasil penelitian menunjukkan pertambahan bobot badan harian setiap perlakuan rata rata  A = 0,28 Kg , B = 0,32 Kg, dan C = 0,35 Kg. Hasil olahan SPSS perbandingan Perlakuan A dan B diperoleh statistik-t = -26,972 siginifikans pada p>0,00 dengan menetapkan taraf uji 5%, maka Ho ditolak, karena nilai sig< 0,05. Hasil Olahan hasil olahan SPSS perbandingan perlakuan A dan C diperoleh statistik-t = -40,527 siginifikans pada p>0,00 dengan menetapkan taraf uji 5%, maka Ho ditolak, karena nilai sig< 0,05. Hasil olahan SPSS perbandinga perlakuan B dan C diperoleh statistik-t = -29,034 siginifikan pada p >0,00dengan menetapkan taraf uji 5%, maka Ho ditolak, karena nilai sig <0,05.

 

Kata Kunci : Pertambahan bobot badan harian, konsentrat, sapi potong

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abidin. 2002. Meningkatkan Produktivitas Ayam Ras Pedaging.Buku. Agromedia Pustaka Utama.

Badan Pusat Statistik. 2017. Bireuen Dalam Angka. Bireuen. Aceh.

Bambang. 2005. Sapi Potong. Penebar Swadaya. Jakarta.

Chadijah, S. 2012. Pengaruh umur dan jenis kelamin terhadap pertumbuhan bobot badan sapi Bali. Skripsi. Jurusan Produksi Ternak. Fakultas Peternakan. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Dwi Dedeh K. Sari, M Haryulin Astuti dan L. Sinta Ali (2016). Pengaruh Pakan Tambahan Berupa Ampas Tahu dan Limbah Bioetanol Berbahan Singkong (Manihot utilissima) Terhadap Penampilan Sapi Bali (Bos sondaicus). Skripsi. Jurusan Budidaya Pertanian. Fakultas Pertanian. Universitas Palangka Raya.

Farizal. 2008. Respon Pemberian Multi Mineral Blok (MMB) Terhadap Pertambahan Bobot Badan Sapi Bali. Jurnal Ilmiah Ilmu Peternakan. Vol. XI. No. 2

Jelantik, I.G.N., M.L. Mullik, C. Leo-Penu dan R. Copland. 2010. Factor affecting the response of Bali Cattle (Bos sondaicus) Supplementation prior to weaning. Journal Animal Production science 50(5-6):493-496.

Kartasudjana, R dan E. Suprijatna. 2010. Manajemen Ternak Unggas. Buku. Cetakan ke-2. Penebar Swadaya. Jakarta

Kongphitee, K.S, udchachon, M, Otsuka and K, Sommart. 2010. Energetic Efficiency Of Thai Native Beef Cattle Fed Rice Straw Or Ruzi Straw Base Diet. Khong Kaen Agr. J. 38 Supplement :176-179 (2010).

M. Fatah. E. Gurnadi.dan K. Mudikdjo. Produktivitas Sapi Peranakan Onggole pada Peternakan Rakyat di Kabupaten Sumedang. Skripsi.Fakultas Peternakan. Universitas Padjadjaran.

Parakkasi, Aminuddin. 1999. Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Ruminan. Buku. Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta.

Prasetyo. I. A. 2009. Tekhnologi Pakan Dalam Penggemukan Sapi Secara Insentif. Buku. Agromedia Pustaka.

Rasyaf, M. 2008. Panduan Beternak Ayam Pedaging. Buku.Penebar Swadaya. Jakarta

Siregar, S.B. 2008. Buku.Penggemukan Sapi. Penebar Swadaya. Jakarta

Yulianto P, dan Saparinto, C. 2010. Pembesaran Sapi Potong Secara Intensif.Buku. Penebar Swadaya. Bogor.

Yulianto, P, dan Saparinto, C. 2011. Pengemukkan Sapi Potong Hari Per Hari.Buku. Penebar Swadaya. Bogor.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.