DIAGNOSA PENYAKIT KANKER PADA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MODE MCDM (MULTI CRITERIA DECISSION MAKING)

Zulfiani Zulfiani

Abstract


Abstrak Aplikasi Diagnosa Penyakit kanker dirancang menggunakan bahasa pemograman PHP dan database yang digunakan adalah MySql. Sistem ini tidak dapat mengganti dokter bila penyakit yang diderita membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Tujuan dalam penelitian adalah membuat sistem pakar dengan penyelesaian menggunakan model MCDM (Multi Criteria Decision Making) untuk mendiagnosa penyakit kanker pada manusia beserta solusi pencegahannya yang nantinya dapat digunakan untuk mengurangi resiko penyakit kanker. Hasil yang diperoleh dari pengujian sistem adalah Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kanker dirancang menggunakan Macromedia Dreamweaver 8 dan database yang digunakan adalah MySql, pengguna Aplikasi terdiri dari pakar dan user, penggunakan model Multi Criteria Decission Making (MCDM) dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) dapat dimanfaatkan karena hasil perhitungan manual dengan sistem mendapatkan hasil yang sama.

 

Kata Kunci-Sistem Pakar, Kanker, Multi Criteria Decission Making, Simple Additive Weighting

References


DAFTAR PUSTAKA

Zulkarnaini, Iskandar. 2013, Diagnosa Penyakit Kanker Payudara dengan Menggunakan Sistem Fuzzy MADM (Multi Attribute Decision Making), Lentera Vol.13 No.2 Juni 2013

Kusumadewi, Sri dkk. 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM).Yogyakarta: Graha Ilmu

Questions & Answers Kanker Pada Wanita. Jakarta :

Connoly, Thomas & Begg, Carolyn. 2002. Database Systems : A Practical to Design, implementation and management. Third Edition. Addision Weesley, England.

Jogiyanto, Hartono, 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Andi. Yogyakarta.

Komputer, Wahana. 2008. Membuat Aplikasi Database dengan Java dan MySQL, Andi. Jakarta.

Kusumadewi, Sri, dkk. 2005.Fuzzy Multi Criteria Decision Making.

Kusumadewi, Sri. 2003. Artifical Intelligence (teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu

Madium, Madcoms. 2011. Aplikasi Web Database dengan Dreamweaver dan PHP-MySQL, Andi. Yogyakarta

Nugroho, Eddy Prasetyo dkk, 2009, Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung: Politeknik Telkom Bandung.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »