SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BONUS TAHUNAN PADA KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE

Khairul Iqbal

Abstract


ABSTRAK

Penentuan bonus tahunan dengan memperhatikan aspek-aspek penilaian merupakan strategi penting yang harus dilakukan secara kritis. Identifikasi kriteria-kriteria penting yang menjadi pertimbangan dalam penentuan bonus tahunan mutlak dibutuhkan. Aspek-aspek terkait administratif, tes tulis, wawancara dan tahap penelitian perlu diidentifikasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aspek-aspek tersebut terhadap judul yang didaftarkan, sehingga didapat guru terbaik. Sistem Pendukung Keputusan adalah sistem yang digunakan untuk membantu dalam penyelesaian masalah dan dukungan keputusan.  Metode Promethee adalah suatu metode penentuan urutan dalam analisis multikreteria. Metode ini dapat digunakan untuk penentuan bonus tahunan dengan berbagai kriteria penentuan. Hasil dari penelitian ini adalah suatu aplikasi Sistem Pendukung Keputusan untuk membantu para pengambil keputusan dalam pemilihan bonus tahunan. Output berupa rangking guru yang digunakan untuk rekomendasi judul yang lulus.

Kata kunci : SPK, bonus tahunan, promethee,Visual Basic,SQL

References


Daftar Pustaka

Bin Ladjamudin, Al bahra. 2005. Konsep Sistem Basis Data dan Implementasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Eka (2009) sistem pendukung keputusan pemilihan calon pegawai marketing dengan menggunakan metode promethee (Studi Kasus Pusat Layanan Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang)

Havery, James L. 2009. Information Systems : Theory and Practice, Second Edition,Yourdon Press. Prentice Hall

Johan (2012) Sistem Pendukung Keputusan Untuk pembangunan sarana dan prasarana pendidikan Menggunakan metode Promethee.

Jogiyanto, Hartono, 2005. Analisis & Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Andi Yogyakarta.

Kusrini. 2007. Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data. Yogyakarta. ANDI

Mahdi (2008) Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Pemilihan Sekolah Terbaik Menggunakan Metode Promethee Dan Metode Borda

Manama, Mc John. 2009. Introduction Systems Analysis and Design. Second Edition, Prentice Hall

Novaliendry (2009) Aplikasi Penggunaan Metode Promethee Dalam Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Media Promosi Studi Kasus: Stmik Indonesia.

Onggo (2013) Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Lokasi Pembukaan Cabang Usaha Variasi Mobil Dengan Metode Promethee.

Pradana (2010) Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Lokasi Pembangunan Kompleks Perumahan Berbasis Web.

Setiawan 2005 Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Pada Supplier Furniture Menggunakan Model Promethee

Sutabri S. kom., MM, Tata. 2004. Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »