DESAIN METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENJELASAN AQIDAH AKHLAK (STUDY KASUS MTSN MATANGGLUMPANGDUA)

Nova Ariska

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi desain metode pembelajaran interaktif penjelasan aqidah akhlak. Desain metode pembelajaran interaktif adalah alat perantara yang dirancang dengan pemanfaatan computer menggunakan unsur seperti suara (audio), gambar (visual) dan teks untuk menyampaikan suatu informasi. Dalam hal penyampain sebuah materi pelajaran penjelasan aqidah akhlak dengan cara penentuan lisan kepada siswa dengan metode ceramah yang terkesan  membosankan. Maka dengan demikian peneliti merancang sebuah aplikasi pembelajaran interaktif, dimana didalamnya terdapat materi dan video animasi akhlak mahmudah yaitu akhlak tawakal dan akhlak mazmumah yaitu akhlak hasad dengan menggunakan Adobe Flash CS6.

 

Kata Kunci : Pembelajaran interaktif, Penjelasan Aqidah Akhlak, Adobe Flash CS6


References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Ghafur. 2010. Aqidah Akhlak MTs. Cv. Mediatama; Surakarta.

Bayu Saputro, Alif. 2014. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Adobe Flash Profesional Cs 6 Pada Peluang Kelas xi SMA 10 Tanjung Jabung Timur. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Jambi

Departemen Agama RI. 2003. “Kuriukulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MTs”. Ditjen Kelembagaan Agama Islam

Dian Permatasari,Tanpa Tahun. “Multimedia Pembelajaran Interaktif: Mengenal Budaya Daerah Untuk Anak Kelas 4 SD”. Jurusan Program Studi Teknik Informatika - D3, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Semarang.

Kartika Sari, Linda., Sasongko, Dimas.2013. “Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas II”. Universitas Surakarta.

Nasy’atu Mahmudah, 2011. “Panduan Pembelajaran Tentang Akidah Akhlak Untuk MTs Berbasis Multimedia Interaktif”. Jurusan Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Amikom Yogyakarta, Yogyakarta.

Restu Kurnia Dewi, Arfita, 2011. “Analisis Dan Perancangan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Biologi Untuk SMA Kelas XI ( Studi Kasus: SMA N 1 Seyegan)”. Jurusan Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Amikom Yogyakarta, Yogyakarta.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »