ANALISA MODEL PERANGKAT ANTENA OMNI BIDIRECTIONTERHADAPKEKUATAN SINYAL WIRELESS

Ediyanto ,, Imam Muslim R.

Abstract


ABSTRAK

 

.                            Alat ini dibuat untuk memudahkan manusia dalam hal mengakses layanan internet. Karena Antena merupakan salah satu elemen penting dalam sistem komunikasi nirkabel (wireless), baik dalam frekuensi yang tinggi maupun dalam frekuensi yang rendah. Access Pointmemiliki jangkauan pancaran yang sangat terbatas, sehingga dibutuhkan antena yang pancarannya terarah. Antena omni  merupakan salah satu yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini, antena omni bekerja pada frekuensi 2,4GHz. Pada tugas akhir ini dirancang dan dibangun suatu antena yang dapat bekerja dengan baik, kemudian dilakukan pengujian nilai parameternya yang sudah ditentukan. Alat ukur menggunakan software Wifi Analyser.  Antena yang digunakan saat ini adalah jenis omnidirectional dengan spesifikasi freknensi 2,4 GHz. Disini Penulis membuat 4 buah antena yang berbeda dan memiliki 2 jenis yang berbeda pula.

Jenis antena pertama yaitu pada Antena tidak menggunakan Aluminium Voil, jenis yang kedua menambahkan Aluminium voil pada antena.

 

                                                Kata kunci : Aplikasi, Wifi Analyser.

References


DAFTAR PUSTAKA

Gunawan., 2012, Antena omni directional secara normal mempunyai gain sekitar 3-12 dBi. Antena ini digunakan untuk hubungan Point-To-Multi-Point atau satu titik ke banyak titik disekitar daerah pancaran.

Hartono., 2011, Frekuensi yang digunakan dalam standar Wireless LAN adalah 2.400 – 2.495 GHz, yang digunakan oleh standar radio 802.11b dan 802.11g (panjang gelombang frekuensi tersebut sekitar 12.5 cm) dan frekuensi 5.150 – 5.850 GHz yang digunakan pada standar 802.11a (panjang gelombang frekuensi tersebut sekitar 5 – 6 cm).

Sopandi., 2010, Kabel merupakan bagian terpenting dalam media koneksi antara komputer satu dengan komputer lainnya. Setiap jenis kabel mempunyai kemampuan dan spesifikasi yang berbeda. Jaringan Wireless dapat menghantarkan data dengan kecepatan sampai dengan 512 mbps pada produk-produk khusus, tetapi pada produk-produk normal umumnya transfer data adalah 2 mbps dengan jangkauan bervariasi tergantung produk yang digunakan

Taufik., 2013., Rapatan dan regangan berhubungan dengan puncak dan lembah pada gelombang transversal dan gelombang longitudinal. modulasi frekuensi adalah penerimaan dengan teknik modulasi frekuensi kebal terhadap perubahan-perubahan amplitude dalam sinyal-sinyal yang diterima, maka sebagian besar gangguan dapat dihilangkan.

Yuwono., 2010, Antena merupakan tranduser yang mengubah arus listrik menjadi gelombang elektro-magnetik yang dipancarkan ke udara atau sebaliknya. Dalam system komunikasi radio, gelombang elektromagnetik berjalan dari pemancar ke penerima melalui udara dan diperlukan antena pada kedua ujung tersebut untuk keperluan penggan dengan (coupling) pemancar dan penerima dalam hubungan ruang.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »