PENERAPAN ALGORITMA DISTANCE UNTUK FITUR AUTOCOMPLETE PADA APLIKASI KATALOG PERPUSTAKAAN DI UNIVERSITAS ALMUSLIM

FARHAN , FARHAN

Abstract


ABSTRAK

Katalog perpustakaan merupakan suatu media yang dapat menampilkan informasi sejumlah koleksi perpustakaan, dengan mencari buku pada katalog perpustakaan maka informasi mengenai buku yang dicari dapat diperoleh dengan mudah. Namun, terkadang terdapat suatu  kendala ketika ingin memperoleh informasi mengenai buku yang dicari. Kendala tersebut adalah kesalahan dalam pengetikan pada kotak pencarian, kesalahan tersebut dapat menyebabkan informasi mengenai buku yang dicari tidak dapat ditemukan, karena itu diperlukan  suatu „alat bantu‟ yang dapat membantu pengguna ketika mengetikkan judul buku pada kotak pencarian seperti autocomplete.  Autocomplete merupakan suatu fitur atau layanan yang dapat menampilkan prediksi kata, jika kata yang diketikkan belum lengkap. Keluaran yang dihasilkan dari sistem ini berupa prediksi judul buku yang diketikkan oleh pengguna.

Kata Kunci : Katalog, Perpustakaan, Auto Complete


Full Text:

PDF ()

References


DAFTAR PUSTAKA

Adiwidya, B. M. D. 2009. Algoritma levenshtein dalam pendekatan approximate string matching. Skripsi. Institut Teknologi Bandung.

Adriyani, N. M. M. 2012. Implementasi algoritma levenshtein distance dan metode empiris untuk menampilkan saran perbaikan kesalahan pengetikan dokumen berbahasa Indonesia. Skripsi. Universitas Udayana.

Andhika, F. R. 2010. Penerapan string suggestion dengan algoritma levenshtein distance dan alternatif algoritma lain dalam aplikasi. Skripsi. Institut Teknologi Bandung.

Ardiyanto, R. I. 2008. Dynamic programming dalam levenshtein distance untuk mengetahui keterbedaan dua string. Skripsi. Institut Teknologi Bandung.

Benisius. 2010. Sistem pengoreksian kata kunci dengan menggunakan metode levenshtein distance. Tesis. Universitas Gadjah Mada.

Chiquita, C. 2011. Penerapan algoritma boyer moore-dynamic programming untuk layanan auto-complete dan auto-correct. Skripsi. Institut


Refbacks

  • There are currently no refbacks.