SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT KANKER NASOFARING BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

SRI WIHARTATO WIHARTATO

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dalam penulisan ini adalah untuk melakukan analisis tentang metode certainty factor untuk diterapkan dalam mendiagnosa penyakit kanker nasofaring. Penelitian ini juga untuk mengukur tingkat efektifitas metode untuk mendiagnosa penyakit kanker nasofaring dengan menggunakan metode certainty factor. Pengujian yang dilakukan menggunakan  sampel yang didapat dari Rekam Medis Rumah Sakit, dimana  sampel yang didapat dihitung menggunakan metode certainty factor yang telah diimplementasikan ke dalam program PHP. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metodologi penelitian komparatif. Hasil analisis yang dicapai diharapkan dapat mengetahui metode mana yang lebih efektif untuk dipakai dalam mendiagnosa penyakit kanker dan bisa dijadikan bahan acuan untuk mencegah penyakit Kanker Nasofaring.  

Kata kunci : certainty factor, PHP, Kanker Nasofaring, metodologi penelitian.


Full Text:

PDF ()

References


DAFTAR PUSTAKA

Brady, dan Loonam 2010. Exploring the use of enitity-relationship diagranmming as a technique to support grounded theory inquiry. Bradfrod: Emerald Group Publishing.

Jogiyanto, 1990.Analisis & Disain Sistem Informasi. Andi Offset. Yogyakarta.

Kusumadewi, 2006. Fuzzy Multi-Atribute Decision (Fuzzy MADM). Yogyakarta : Penerbit Graha Ilmu

Kasiman. 2006. Aplikasi WEB dengan PHP MySQL. Yogyakarta : Andi

Laila, 2013. Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Hama Jeruk dan pengobatanya menggunakan Metode Cartainty Factor dan Forward Chaning. Program Pasca Sarjana Universitas sumatra utara, Fakultas Teknik

Ngadiyaningsih M, 2008. Penerapan Sistem Pakar Dalam Bidang Kedokteran Untuk Mendiagnosa Kanker Kandungan Menggunakan Metode Cartainty Factor. Program Studi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Nugroho, 2009. Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java. Andi. Yogyakarta.

Puspita D, 2010. Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Nefropathy Dengan Metode Certainty Factor Berbsasis Web dan Mobile. Politeknik Negeri Surabaya.

Putra R.N, 2012. Sistem Pakar Dignoasa Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk dengan menggunakan Metode Cartainty Factor. Program Studi Teknik Informatika, STIMIK Budidarma Medan.

Ratna J, 2013. Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Balita Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor. Program Studi Teknik Informatika, Universitas Tanjung Pura.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.