Teknologi Informasi Dalam Penentuan Alokasi Dana Berdasarkan Model Dayah Menggunakan Metode Promethee

Muhammad Sadli , Sadli

Abstract


Abstrak

Kemajuan teknologi berkembang begitu pesat, terutama teknologi komputer dan sistem cerdas termasuk dalam pengambilan keputusan untuk penentuan alokasi dana bagi pembinaan dayah yang diberikan berdasarkan model dayah. Badan Pembinaan Pendidikan Dayah (BPPD) adalah perangkat daerah sebagai unsur pendukung pemerintah Aceh di bidang pembinaan pendidikan dayah. BPPD melaksanakan tugas umum pembagian alokasi dana dalam bidang pembinaan dan pendidikan di dayah. Karena banyaknya dayah yang meminta bantuan untuk pembinaa, maka BPPD harus lebih teliti dalam penyeleksian model dayah agar dana yang diberikan benar-benar tepat sasaran. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem teknologi informasi dalam penentuan alokasi dana berdasarkan model dayah dengan menggunakan sebuah model Promethee yang kemudian dapat dijadikan rekomendasi untuk BPPD dalam mengalokasikan dana yang akan dikeluarkan.

Kata kunci—  Sistem Pendukung Keputusan, Promethee ,alokasi dana

Full Text:

PDF ()

References


DAFTAR PUSTAKA

Pemerintah Provinsi Aceh, 2007, Qanun no 5 Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas, Lembaga Tehnis Daerah dan Lembaga Daerah Propinsi Aceh.

Pemerintah Provinsi Aceh, 2008, Qanun no 5 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan.

Turban,E., Aronson, J. E., 2001, Decision Support System , 7nd, Prentice Hall.

Suryadi, Kadarsah., 1998, Sistem pendukung Keputusan Suatu Wacana Struktural Idiealisme dan Implementasi Konsep Pengambilan Keputusan, Rosda Karya Bandung.

Brans, J.P. dan Mareschal, B.,1998, Promethee-V – MCDM problems with segmentation constraints. European Journal of Operational Research, 30(2):85–96.

Brans, J. P., Vincke, P. H. and Mareschal, B, 1986, How to select and

how to rank projects: the PROMETHEE method, European Journal of Operational Research, 24, 228-238.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.