ANALISA METODE FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR DALAM MENDIAGNOSA PENYAKIT LAMBUNG PADA MANUSIA

NUR AIDA , YUL HENDRA

Abstract


ABSTRAK

Lambung  dapat terkena gangguan atau terinfeksi penyakit sehingga perlu diwaspadai oleh masyarakat. Oleh karena itu, penyebaran informasi tentang penyakit ini sangat diperlukan untuk mengetahui lebih dini jenis penyakit yang dideritanya.Kurangnya informasi yang diketahui oleh masyarakat khususnya tentang penyakit lambung, masyarakat tidak terlalu memperdulikan gejala atau keluhan yang dirasakannya dan menganggap itu hal yang biasa, karena keluhan yang belum terlalu dirasakannya dan membiarkannya begitu saja bisa mengakibatkan penyakit yang berbahaya, karena  jika lambung sudah terluka atau sudah terserang bakteri, maka organ ini tidak akan bekerja atau berfungsi dengan baik dan tentunya akan menimbulkan berbagai penyakit didalam tubuh.Pada penelitian ini, penulis mendiagnosa penyakit pada lambung dengan membangun sebuahsistem pakar yang dapat menganalisa gejala-gejala penyakit menjadi sebuah keputusan nama penyakitdengan menggunakan metode forward chaining sebagai metode penelusuran dan metode certainty factorsebagai metode untuk menghitung nilai kepercayaan atas gejala yang diberikan oleh pasien. Dan bahasa pemrograman yang dipakai dalam membuat aplikasi sistem pakar ini adalah PHP dan MySQL.

Kata kunci : Penyakit Lambung, Sistem Pakar, Certainty Factor,Forward Chaining, PHP, MySQL.


Full Text:

PDF ()

References


Daftar Pustaka

Daniel dan Virginia, G., 2010, ImplementasiSistem Pakar Untuk Mendiagnosis Penyakit Dengan Gejala Demam Menggunakan Metode Certainty Factor,Teknik Informatika Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta.

Giarratno dan Riley, 2005, Expert System : Principle And Programming, 4 th edition. Thomson Course Technology, Boston.

Jogiyanto, HM., 2005, Analisis dan Desain, Andi, Yogyakarta.

Kadir, A., 2002, Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP, Andy Offset, Yogyakarta.

Kusumadewi, S., 2003, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya), Graha Ilmu, Yogyakarta.

Ladjamudin B, Al-Bahra, 2004,Rekayasa Perangkat Lunak, Graha Ilmu,Yogyakarta.

Latumakulita, L.A., 2012, SistemPakarPendiagnosaPenyakitAnakMenggunakanCertainty Factor,Matematika FMIPA Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Marimin, 1992, Struktur Dan Aplikasi Sistem Pakar Manajemen Pembangunan, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Putri, P.A. dan Mustafidah, H., 2011, Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Hati Menggunakan Metode Forward Chaining (Expert System for Diagnosing Liver Disease UsingForward Chaining,Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto.

Rahayu, S., 2013, Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Gagal Ginjal Dengan Menggunakan Metode Bayes, Teknik Informatika, STMIK Budidarma Medan, Medan.

Ritonga, N.A., 2013, Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Lambung Menggunakan Metode Certainty Factor,Teknik Informatika, STMIK Budi Darma Medan, Medan.

Sari, N.A., 2013, Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Demam Berdarah Menggunakan Metode Certainty Factor,Teknik Informatika, STMIK Budidarma Medan, Medan.

Sulistyowati, I., 2011, Implementasi Sistem Pakar Berbasis Web Untuk Mendiagnosis Penyakit Dalam Pada Manusia,Sistem Informasi, STMIK Amikom Purwokerto, Purwokerto.

T. Sutojo, dkk., 2011,Kecerdasan Buatan, Andi, Yogyakarta.

Tutik A. dkk.,2009, Penerapan Forward Chaining Pada Program Diagnosa Anak Penderita Autisme,Teknik Informatika Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta.

Whenty H.B. dkk., 2010, Program Bantu Diagnosa Gangguan Kesehatan Kehamilan dengan Metode Forward Chaining,Teknik Informatika Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta.

Yuliansyah, M. dkk., 2013, Sistem Pakar Berbasis Web Diagnosa Jenis Penyakit Pada Lambung Manusia,Teknik Informatika Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.