SISTEM PAKAR UNTUK MENGIDENTIFASI PENYAKIT UDANG VANNAMEI DENGAN METODE CERTAINTY FAKTOR

Syarifah Asyura

Abstract


Abstrak — Di Indonesia pasar udang vannamei konsumsi saat ini terbuka sangat lebar karena itu peluang pasarnya sangat prospektif dan menjanjikan. Misalnya warung makan membutuhkan pasokan tak terbatas, akan tetapi bisnis ini bukan tanpa kendala yang mengakibatkan produksi udang berfluktuasi. Faktor yang mempengaruhi hasil panen tidak maksimal adalah konsep tambak yang tidak sesuai standar, kualitas pakan yang kurang bagus, dan penyakit. Penelitian mengenai pendiagnosaan penyakit udang vannamei sebagai penarikan kesimpulan menggunakan mesin inferensi dengan metode penelusuran fakta forward chaining yang menggunakan kaidah (If-Then), dan metode kepastian Certainty Factor. Tahap pengembangan aplikasi diawali dengan tahap analisis dan definisi persyaratan yang menghasilkan rekayasa pengetahuan, kebutuhan data dan kebutuhan sistem. Tahap kedua yaitu perancangan sistem dan perangkat lunak, yang terdiri dari membangun basis pengetahuan diantaranya membuat tabel keputusan, membuat basis aturan, membuat mesin inferensi dan membuat graf penelusuran. Dan perancangan proses yaitu terdiri dari perancangan menu dan perancangan interface. Tahap ketiga yaitu implementasi dan pengujian unit. Tahap selanjutnya adalah integrasi dan pengujian sistem menggunakan alpha test dan black box test. Dari pengujian yang dilakukan menghasilkan Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Penyakit Udang Vannamei Dengan Metode Certainty Factor yang dapat bekerja seperti layaknya seorang pakar udang vannamei. Informasi yang dihasilkan adalah nama penyakit, definisi penyakit, penyebab, gejala-gejala yang menyertai, solusi, dan probabilitas penyakit. Hasil uji coba menunjukan bahwa aplikasi layak dan dapat digunakan.

Kata Kunci—Sistem Pakar, Udang Vannamei, Certainty Factor.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aribowo,A.S dan Khomsah, S., 2011, Sistem Pakar Dengan Beberapa Knowledge Base Menggunakan Probabilitas Bayes dan Mesin Inferensi Forward Chaining, SemnasIF, 51 – 58.

Arhami, Muhammad.2005. Konsep Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi Offset.

Abdul Kadir, 2002, Pengenalan Sistem Informasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Bria, Y.P., 2011, Pengembangan Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Umum Berbasis Web, Tesis, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.

Chen, Y., Hsu, C., Liu, L., dan Yang, S., 2008, Constructing a nutrition diagnosisexpert system, Expert Systems with Applications, Vol. 39 Issue 2, pp. 2132-2156.

Djam, X.Y., Wajiga, G.M., Kimbi, Y.H., dan Blamah, N.V., 2011, A Fuzzy ExpertSystem for the Management of Malaria, International Journal of Pure andApplied Sciences and Technology, Vol.5, No. 2, pp.84-108.

Emanuel Safirman Bata, 2012, Sistem Pakar Berbasis Mobile untuk MembantuMendiagnosis Penyakit Akibat Gigitan Nyamuk, Tugas Akhir (Unpublished), Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.

Giarratano. J, dan Riley. G, (1993) : Expert System, University of Houston, ClearLake and NASA, Johnson Space Center.

Ignizio. J. P, (1991) : Introduction to Expert System the Development andImplementation of rule-base Expert System, McGraw Hill, Singapore.

John. D, (1994) : Expert System Desig and Development, International Edition,USA.

Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Korth, Henry F, Silberschatz, Abraham, Sudarshan, S.(2002). Database SystemConcepts. McGraw-Hill Companies, New York, 1-213

Klaudius, J.B.S., 2011, Pengembangan Sistem Pakar untuk MengidentifikasiPenyakit pada Kelinci, Tesis, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.

Naser, S.S.A., Ola, A.Z.A., 2008, An Expert System for Diagnosing Eye DiseasesUsing Clips, Journal of Theoretical and Applied Information Technology,Vol. 4, pp. 923-930.

Nugroho, Adi. (2009). Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML danJava. ANDI. Yogyakarta.

Mahmoodabadi, S.Z., Ahmadian, A., Abolhasani, M., Babyn, P., dan Alirezaie, J.,2010, A fast expert system for electrocardiogram arrhythmia detection,Expert Systems The Journal of Knowledge Engineering, Vol. 27, pp. 180-200.

Martin dan Oxman. 1988. Diambil dari buku Kusrini yang berjudul Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Andi Yogyakarta : Yogyakarta.

Purnamawati, M.M.D., 2011, Pengembangan Aplikasi Sistem Pakar untuk Diagnosa Penyakit pada Tanaman Cabai Merah, Tugas Akhir(Unpublished), Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.