SISTEM INFORMASI RUMAH ZAKAT BERBASIS ANDROID

Mursal Mursal, Iskandar Zulkarnaini

Abstract


Abstrak — Baitul Mal Kabupaten Bireuen adalah suatu lembaga atau instansi  yang mempunyai tugas khusus untuk menangani dan mengelola segala macam harta daerah, baik berupa pendapatan maupun pengeluaran daerah, diantaranya harta waqaf, zakat, infaq, perwalian dan harta agama lainnya, untuk kemudian di salurkan kapada orang yang berhak menerima yaitu orang fakir, miskin, muallaf, ibnu sabil, hak gharimin, dan juga berupa bantuan yang di salurkan dari harta infaq. Setelah terkumpulnya harta zakat dalam setiap tahunnya dari berbagai sumber. Fenomena yang berkembang pada masyarakat saat ini adalah kurangnya pemahaman tentang pelaksanaan salah satu yang menjadi kewajiban muslim yaitu membayar zakat. Karena kurangnya pemahaman masyarakat tentang zakat maka diperlukan sistem untuk memfasilitasi yang bertujuan mempermudah masyarakat dalam penghitungan, batas harta yang wajib dikeluarkan zakatnya. system baru yang akan di bangun oleh penulis yaitu sebuah sistem informasi yang dikususkan untuk zakat di Baitul Maal Bireuen. System yang bisa menjembatani antara masyarakat dengan pihak Baitul Maal dalam melakukan proses pendaftaran pembayaran zakat oleh amil zakat di daerah masing-masing, dengan di bangunnya system baru ini masyarakat juga bisa melakukan perhitungan zakat secara mudah karena system di kemas dengan melengkapi kalkulator zakat, dan juga untuk memberi informasi penerimaan dan penyaluran zakat pertahunnya. Sitem yang akan di bangun adalah sebuah system berbasis android, agar untuk lebih mudah di akses di mana pun dengan hanya memanfaatkan fasilitas smartphone.

Kata Kunci— Rumah Zakat, Baitul Mal, PHP dan MySQL, Android.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Jogiyanto, HM; 1995, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi”, Andy Offset; Jogyakarta.

Yazid Achyaruddin, 2013, “Sistem Informasi Akademik Berbasis Android Pasa STMIK Global Informatika Multi Data Palembang”Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer GI MDP, Palembang.

Kadir, Abdul, 2003, “Pengenalan sistem informasi”, Andi Offest, Yogyakarta.

Davis B. Gordon, (2005:2). Pengertian data, PT.Alex Kompotindo, Yogyakarta.

Ibnu Mas’ud. (2009). Sistem informasi Nilai Akademik Siswa Berbasis Web”, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.