PROTOTYPE JEMURAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER

Imam Muslem R.

Abstract


Abstrak — Pakaian yang dijemur dibawah matahari akan menjadi basah kembali apabila tidak segera dipindahkan. Dalam beberapa keadaan pakaian yang sedang dijemur bukan tidak segera dipindahkan, akan tetapi terkadang lupa untuk dipindahkan, atau pemilik sedang tidak ada di rumah. Permasalahan ini tentu dapat diselesaikan apabila ada suatu sistem yang secara otomatis menarik pakaian yang sedang dijemur. Dalam penelitian ini akan dikembangkan suatu prototype yang dapat menarik pakaian yang sedang dijemur apabila kondisi akan turun hujan. Konsep daripada prototype yang akan dikembangkan ini adalah pakaian akan ditarik dengan menggunakan motor servo apabila sensor hujan mendeteksi adanya air hujan yang akan jatuh. Disamping itu juga digunakan sensor LDR untuk mendeteksi kondisi mendung, sehingga prediksi hujan menjadi lebih akurat. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini yaitu sistem bekerja secara efektif dan efisien, dimana sistem mampu mendeteksi kondisi hujan dengan baik, sehingga berdampak kepada keakuratan dalam memindahkan pakaian yang sedang dijemur. Disamping itu sistem juga akan menjemur kembali pakaian apabila sensor membaca kondisi cuaca sudah cerah kembali. Untuk pengembangan kedepannya, diharapkan penambahan fitur yang dapat mendeteksi tingkat kekeringan pakaian yang sudah dijemur, sehingga walaupun sistem membaca cuaca diluar sudah cerah kembali, tidak akan mengeluarkan jemuran kembali dibawah matahari apabila pakaian sudah kering.

Kata Kunci—Arduino, Jemuran Otomatis, Mikrokontroler, Sensor Hujan, Sensor LDR.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Widianto, M. H. (2018). Pengaplikasian Sensor Hujan dan LDR untuk Lampu Mobil Otomatis Berbasis Arduino Uno. RESISTOR (elektRonika kEndali telekomunikaSI tenaga liSTrik kOmputeR), 1(2), 79-84.

Somadani, D., & Ginanjar, A. H. (2018). PROTOTIPE PENERANGAN JALAN UMUM (PJU) PINTAR BERBASIS ARDUINO MENGGUNAKAN SOLAR PANEL, SENSOR HC-SR04 DAN SENSOR LDR. Prosiding Semnastek.

Cahyono, B. E., Utami, I. D., Lestari, N. P., & Oktaviany, N. S. (2019). Karakterisasi Sensor LDR dan Aplikasinya pada Alat Ukur Tingkat Kekeruhan Air Berbasis Arduino UNO. Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika, 7(2), 179-186.

Putro, I. F., & Agus Ulinuha, S. T. (2017). Buka Tutup Tirai Garasi Otomatis Dengan Sensor Hujan Serta Sensor LDR (Light Dependent Resistor) Berbasis Arduino Uno (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Kresnha, P. E., Ambo, S. N., & Sosrowiguno, Y. (2018). Smart Outdoor Hidroponik Dengan Pengaturan Penyinaran Matahari dan Hujan Berbasis Mikrokontroller. Jurnal Sains dan Teknologi Industri, 16(1), 77-82.

Putri, D. S. A. (2019). Desain Kendali Atap Datar Otomatis Menggunakan Sensor Ldr (Light Dependent Resistor) Dan Sensor Hujan (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Kalimantan).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.