PERANCANGAN ROBOT PENGUSIR HAMA BURUNG BERTENAGA SURYA

Rina Wahyuni, T.M. Johan, Imam Muslem R.

Abstract



Abstrak — Pengembangan teknologi zaman sekarang sudah banyak berkembang, dari penemuan-penemuan baru yang ditemukan. Serta banyak pula teknologi yang diciptakan belum diterapkan dan digunakan untuk pertanian. Teknologi perancangan hama burung bertenaga surya diperlukan untuk menghemat uang, tenaga dan waktu, Dalam studi ini dilakukan untuk mengoptimalkan alat pengujian secara bertahap dari koleksi bahan dan bahan, alat desain dan program, membuat alat, alat pengujian, analisis data dan kesimpulan. Untuk mendukung proses ini dan mendapatkan perhitungan yang tepat, yang dilakukan dengan menggunakan simulator software, perancangan yang digunakan yaitu menggunakan mikrokontroller Arduino Uno, Sehingga bisa menciptakan alat yang benar-benar sesuai dengan masalah yang dihadapi di bidang pemeliharaan atau perawatan lahan pertanian, terutama dibidang pengusiran dan penanggulangan hama pertanian. Membantu masyarakat para pelaku usaha tani dalam melakukan usahanya untuk pemenuhan kebutuhan sendiri, kebutuhan pasar, dapat memberikan keuntungan finansial dan mendorong tumbuh kembangnya pendapatan usaha di bidang pertanian.

 

Kata Kunci— Arduino Uno, Mikrokontroller, Perancangan Robot Pengusir Hama

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Admin, 2010. Agro Inovasi : “Antisipasi Serangan Hama Wereng Coklat dan OPT Lainnya”. Sulawesi Selatan : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian.

Abilawa, Widian dkk. 2010. “The Scarecrow Orang-orangan Sawah”. Jurusan Teknik elektro, Fakultas Teknik, Sekolah Tinggi Teknologi Nasional. Yogyakarta.

Dewi, S.,K., 2011, “Pemrograman Termometer Digital Berbasis Mikrokontroler Avr Atmega8535 Dengan Output Suara Dan Tampilan Display Digital”.

Kadir, A, 2012, “Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemogramanya Menggunakan Arduino”.

Marpaung, N., S., dan Ervianto, E., “Data Logger Sensor Suhu Berbasis Mikrokontroler ATmega 8535 dengan PC sebagai Tampilan”, JURNAL ILMIAHELITE ELEKTRO, VOL. 3, NO. 1, Maret2012: 37-42

Margolis, Michael.2012.Arduino Cookbook, Second Edition.United States of America.O’REILLY

Maysha, I., Trisno, B., Hasbullah. 2013. “Pemanfaatan Tenaga Surya Menggunakan Rancangan Panel Surya berbasis Transistor 2N3055 dan Thermoelectric Cooler”. Jurnal Electrans, Vol. 12, No. 2, September 2013, 89-96.


Refbacks

  • »
  • »
  • »