PERANCANGAN SISTEM PENGOLAHAN NILAI SISWA BERBASIS ANDROID

Arifin Hidayat, Iskandar Zulkarnaini

Abstract


Abstrak — Perancangan sistem pengolahan nilai siswa berbasis android merupakan  langkah awal dalam membuat sistem yang baru untuk memberikan informasi laporan data nilai siswa secara online yang berupa laporan nilai serta informasi  siswa  yang  bersangkutan  dengan berbasiskan web dan android, sehingga  dapat memberi informasi yang lebih mudah dan cepat. Permasalahan yang terjadi dalam pengolahan nilai di SMA Negeri 2 Bireuen yang berjalan saat ini masih menggunakan Microsoft Excel, yaitu nilai siswa di kumpulkan oleh guru mata pelajaran dalam bentuk leger dan di masukkan oleh wali kelas ke dalam data nilai masing-masing siswa, hal ini cukup memperlambat informasi data nilai bagi siswa dan guru. Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengatasi  sulitnya pengolahan data nilai dan  penyampaian  informasi nilai siswa. Dalam kegiatan pendidikan sangat diperlukan adanya suatu sistem komputerisasi dalam berbagai bidang khususnya pengolahan data nilai. Upaya dalam pengolahan data dan informasi lebih baik pada sistem yang ada (Microsoft Excel). SMA Negeri 2 Bireuen sudah selayaknya memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penyajian informasi data siswa, data guru dan data nilai siswa. Untuk mengurangi kelemahan tersebut, SMA Negeri 2 Bireuen perlu memiliki sebuah sistem baru yang dapat membatu guru dan siswa dalam memberi dan mendapatkan informasi nilai yang lebih cepat. Dengan adanya sistem ini guru mata pelajaran cukup memasukkan nilai siswa dalam sistem tersebut melalui smartphone berbasis android dan dapat dilihat oleh siswa secara online menggunakan ID dan Password masing-masing. Perancangan yang dihasilkan dalam sistem  ini  adalah  sistem pengolahan data nilai berbasis android dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database Mysql.

 

Kata Kunci— Pengolahan data, data nilai, sistem, PHP dan MySQL.

References


DAFTAR PUSTAKA

Jogiyanto, HM; 1995, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi”, Andy Offset; Jogyakarta.

Yazid Achyaruddin, 2013, “Sistem Informasi Akademik Berbasis Android Pasa STMIK Global Informatika Multi Data Palembang”Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer GI MDP, Palembang.

Kadir, Abdul, 2003, “Pengenalan sistem informasi”, Andi Offest, Yogyakarta.

Davis B. Gordon, (2005:2). Pengertian data, PT.Alex Kompotindo, Yogyakarta.

Ibnu Mas’ud. (2009). Sistem informasi Nilai Akademik Siswa Berbasis Web”, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, jakarta.


Refbacks

  • »
  • »