SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN UNIVERSITAS SWASTA TERBAIK DI ACEH MENGGUNAKAN METODE ANALITYCAL HIRACHY PROCESS

Wahyuni Wahyuni, Iqbal Iqbal, Sriwinar Sriwinar

Abstract


Abstrak — Sistem pendukung keputusan (SPK) adalah sistem yang dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang akurat dan tepat sasaran. Banyak permasalahan yang dapat diselesaikan dengan menggunakan SPK, salah satunya adalah penentuan Universitas Swasta terbaik. Ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam membangun suatu SPK diantaranya Analitycal Hierarchy Process (AHP). AHP merupakan metode yang paling banyak digunakan dalam pemecahan masalah yang bersifat multikriteria, seperti dalam SPK penentuan pemilihan Universitas Swasta terbaik. Penelitian ini menggunakan metode AHP dalam menentukan Universitas Swasta terbaik. Dalam penentuan Universitas Swasta terbaik, ada beberapa kriteria yang menjadi dasar pengambilan keputusan antara lain, Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan, Kualitas Penelitian/ Aplikasi Ilmiah. Adapun hasil akhir dalam penelitian ini adalah hasil prioritas kriteria Universitas Swasta, yang diurutkan dari yang tertinggi hingga terendah, sehingga para siswa yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi dapat dengan mudah mengambil keputusan dengan menentukan Universitas swasta terbaik di Aceh. Sistem ini hampir terdeteksi 100% akurat..

 

Kata Kunci—SPK, AHP, Penentuan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustama, Y. 2012, Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Sekolah Dasar Negri Terbaik Di Kota Palembang, Jurusan Teknik Informatika, Fasilkom UIGM Palembang, Palembang.

Daffal, 2009, Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pendirian Warnet Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP), Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmat Dahlan Yogjakarta

Kartikadarma, E. 2011, Sistem pendukung keputusan untuk menentukan mahasiswa Lulusan terbaik di perguruan tinggi, Program Studi Sistem Informasi, STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, yokyakarta.

Kusrini, 2007, Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, STMIK Amikom, Penerbit Andi, Yokyakarta.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »