SISTEM DETEKSI BLUR PADA GAMBAR DIGITAL DENGAN METODE DISCRETE COSINE TRANSFORM (DCT)

Nurul A'la, T. M. Johan, Riyadhul Fajri

Abstract


Abstrak — Pada dasarnya blur merupakan hal yang mutlak sering terjadi atau disengaja oleh pihak tertentu dalam memenuhi kebutuhan sesuai yang diinginkan, tetapi tidak dipungkiri  bahwa Blur yang terjadi tanpa disengaja dapat menghambat bahkan merusak hasil pengambilan foto, sehingga foto yang dihasilkan tidak memuaskan bagi orang yang mengabadikan momen tertentu. Oleh karena itu dibuatlah program aplikasi Sistem Deteksi Blur Pada Gambar Digital Dengan Discrete Consine Transform(DCT) melalui media aplikasi Matlab. Pembuatan Sistem aplikasi ini bertujuan untuk membantu mendeteksi cacat gambar yang disebabkan oleh blur yang terjadi oleh  beberapa faktor diantaranya, ketidakfokusan lensa kamera, pergerakan objek yang diambil gambarnya dan penyebab lain yang bisa terjadi.

 

Kata Kunci—Tuliskan 4 atau 5 buah kata kunci atau frasa menurut urutan alfabet dipisahkan dengan tanda koma.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dimas, A.A.K., Ardilla.F, Dewantara, B.S.B., (2011), Verifikasi Citra Wajah Menggunakan Metode Discrete Cosine Transform Untuk Aplikasi Login.

Erik Kalelambang, (2009). Deteksi dan Peningkatan Kualitas Citra Motion Blur Lokal Berbasis DCT dan Pixel Korelasi.

F. Crete, T. Dolmiere, P. Ladret, and M. Nicolas., (2007), “The Blur Effect: Perception and Estimation with a New No-Reference Perceptual Blur Metric,” in Proc. SPIE, vol. 6492, no. 1.

Gunawan, I.P., Kalalembang,E. &Usman, K., (2010), Identifikasi Distorsi Blur Pada gambar Digital, jurnal ilmu computer dan informasi.

Jogianto HM. 2005. Sistem Teknologi Informasi. Andi. Yogyakarta


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »