HUBUNGAN PERAN PETUGAS KESEHATAN DENGAN PARTISIPASI IBU DALAM PEMBERIAN IMUNISASI BAYI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GANDAPURA KABUPATEN BIREUEN TAHUN 2015

Nurlaili Nurlaili, Arlinda Sari Wahyuni, Dasril Samurai

Abstract


Abstrak — Petugas kesehatan merupakan seseorang yang "bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada individu, keluarga dan masyarakat. Partisipasi terwujud dari adanya pemberdayaan yang merupakan salah satu strategi promosi kesehatan yang k]itujukan kepada masyarakat langsung yang bertujuan untuk mewujudkan kemampuan masyarakat dalam mernelihara dan meningkatkan kesehatan mereka sendiri.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Peran Petugas Kesehatan dengan partisipasi ibu dalam pemberian imunisasi bayi di wilayah kerja Puskesmas Gandapura Kabupaten Bireuen. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan desain penelitian Cross Sectional. Populasi seluruh ibu yang mempunyai bayi 0 - 1 tahun yaitu sejumlah 487 ibu. Sampel diambil dari tiap desa sebanyak 83 Ibu dengan teknik Simple Random Sampling. Analisa Data dengan Uji Chi Square pada taraf signifikan a<0,05. Hasil analisis penelitian peran petugas kesehatan (Costumer, Komunikator, Motivator, Fasilitator dan Konselor) basil penilaian dari responden sebagian besar petugas kesehatan sudah menjalankan perannya dengan balk. Hal ini terlihat dari jumlah persentase penilaian responden sebagai berikut; Costumer kategori baik (77,6%), peran petugas sebagai komunikator (78,4%), motivator baik (73,8%), peran petugas sebagai silitator mayoritas baik (78,2%) dan peran petugas Ibagai Konselor baik (77,2%).Berdasarkan basil analisis multivariat, mengetahui bahwa partisipasi ibu paling dominan pengaruhi oleh peran petugas sebagai fasilitator yaitu lbesar 7,71%. Saran untuk petugas imunisasi agar meningkatkan perannya terutama sebagai fasilitator bagi ibu bayi dan dapat memantau bayi yang belumgkap diimunisasi dengan kunjungan ke rumah nduduk khususnya pada daerah pedalaman serta memfasilitasi ibu bayi dalarn memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh di desa.

 

Kata Kunci—Peran Petugas Kesehatan, Partisipasi Masyarakat, Imunisasi, Kader Posyandu.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ariebowo.HA.2005. Analisis Faktor-faktor Organisasi yang Berhubungan dengan Cakupan Imunisasi Puskesmas di Kabupaten Batang. Tesis Mahasiswa Magister llmu Kesehatan Masyarakat Program Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada, Semarang.

Depkes RI. 2010. Target Pencapaian Imunisasi 2014

_____, 2010. Gerakan Akselerasi Imunisasi Nasional UCI (GAIN 2010-2014). Dirjen P2P Depkes RI, Jakarta

_____,2011. Profit Kesehatan Indonesia Tabun 2011, Balitbang Depkes RI, Jakarta.

_____,2014. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2013, Kemenkes RI, Jakarta.

Igbal. (2013). Pengaruh Peran Petugas Kesehatan Terhadap Partisipasi Ibu Dalam Pemberian Imunisasi Bayi Di Desa Wilayah Pegunungan Kabupaten Pidie Jaya Provinsi Aceh Tahun 2013. Tesis Program Studi S21KM : FKM USU

Isbandi Rukminto Adi. (2007). Perencanaan Partisipatoris Berbasis Aset Komunitas: dari Pemikiran Menuju Penerapan. Depok: FISIP UI Press.

Kemenkes RI. 2010. Riset Kesehatan Dasar 2010. Jakarta

Kholila, Safitri. 2013. Program Imunisasi. Http//:proram imunisasi. Diakses 31 Agustus 2018.

Mandriwati, 2008, Penuntun Belajar Asuhan Kebidanan Ibu Hamil, EGC, Jakarta.

Mikkelsen., Britha. (1999). Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya-upaya Pemberdayaan: sebuah buku pegangan bagi para praktisi lapangan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Mujizalat. 2011. Keberhasilan Program Posyandu. Http://www.google.com/ keberhasilan program posyandu. Diakses 30 Agustus 2018.

Muliani. (2013). Hubungan Pelayanan Imunisasi Dengan Pemberian Imunisasi HbO Di Wilayah Puskesmas Ponre Kabupaten Bulukumba. Jurnal. FKM UNHAS Makasar.

Mulyani, dkk. (2013). Imunisasi untuk anak.Yogyakarta. Nuha Medika

Muninjaya, (2004). Manajemen Kesehatan, Edisi ke¬2, EGC, Jakarta.

Notodmodjo. 2010. Promosi dan Perilaku Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta.

Nurcahya. 2012. Hubungan Perilaku Ibu Dengan Peran Petugas Kesehatan Dalam Pemberian Imunisasi Di Wilayah Kerja Puskesmas Namorambe Kecamatan Deli Tua Tabun 2012. Tesis: Medan USU

Potter, P.A, Perry, A.G (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, dan Praktik. Edisi 4. Volume 2. Alih Bahasa: Renata Komalasari, dkk. Jakarta: EGC.

Purwandari, Atik. (2010). Ilmu Kesehatan Masyarakat dalam Konteks Kebidanan.Jakarta; EGC.

Profil Kesehatan Aceh. (2012). Cakupan Imunisasi Bayi. Banda Aceh

PPTI. 2012. Jurnal Tuberkutosis Indonesia.Vo1.8 maret 2012. Jakarta

Riskesdas. 2008. Profil Kesehatan NAD. Jakarta

Soedjatmiko. 2012. Pentingnya Imunisasi Untuk Mencegah Wabah, Sakit Berat, Cacat serta Kematian Bayi dan Balita. Buletin: Pusat Data dan Informasi Kesehatan RI.

Suryani, Lilis., (2009). Pengaruh Peran Petugas Kesehatan Terhadap Kepatuhan Ibu Hamil dal am Mengonsumsi Tablet fe di Kabupaten Aceh Besar Tahun 2009. Tesis; Medan : USU

Syafruddin.;dkk, (2011). Buku Ajar Ilmu Kesehatan Masyarakat untuk Mahasiswa Kebidanan. Jakarta : TIM

Thaib, dkk. (2013). Cakupan Imunisasi Dasar Anak Usia 1-5 tahun dan Beberapa Faktor yang berhubungan di Poliklinik Anak Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Banda Aceh: Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »