SISTEM UJIAN SELEKSI SISWA BARU DI SMA NEGERI 2 BIREUEN MENGGUNAKAN ALGORITMA FISHER-YATES

Zainuddin Zainuddin, Riyadhul Fajri

Abstract


ABSTRAK

Proses seleksi penerimaan peserta murid baru adalah hal penting untuk menentuka siswa-siswi yang layak untuk diterima disekolah tersebut. Proses pendaftaran dimulai dengan penyerahan formulir dan dokumen-dokumen pendukung lainnya. Setelah calon siswa menyerahkan formulir dan dokumen pendaftaran, calon siswa akan melakukan tes ujian untuk seleksi siswa baru yang akan menentukan  bahwa siswa-siswi berhak masuk disekolah tersebut atau tidak. Proses seleksi penerimaan siswa baru yang dilakukan oleh sekolah SMA 2 Bireuen masih menggunakan secara manual, bahkan dalam mengisi data, penyimpanan data, pengeditan data, penilaian hasil ujian, pembagian kelas dan pencarian data yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga bisa menghabiskan waktu 2-3 minggu. Untuk memudahkan panitian sekolah dalam hal penerimaan siswa baru dalam tes ujian masuk dan penilaian hasil tes ujian, maka membutuhkan sebuah aplikasi sistem yang memudahkan panitia penerimaan murid baru, sesuai dengan latar belakang yang ada diatas maka dari itu akan mencoba mengembangkan sistem yang bisa membantu menyelesaikan permasalahan tersebut berupa sebuah sistem Tes Ujian masuk. Didalam tes ujian ini nantinya para calon peserta siswa baru akan diberikan soal-soal secara acak sehingga para calon peserta siswa baru tidak akan bisa saling contek satu sama lain. Terdapat berbagai macam algoritma pengacakan atau shuffling algorithms untuk memberikan teknik pengacakan pada soal ujian sehingga soal yang keluar akan berbeda dan tanpa pengulangan atau duplikasi. Salah satu diantaranya adalah Fither-Yates shuffle, algoritma ini menghasilkan suatu permutasi acak dari suatu himpunan terhingga.

 

Kata kunci : Tes Ujian, siswa baru, algoritma fisher yates, PHP, MySQL


Full Text:

PDF ()

References


Daftar Pustaka

Nugraha, R. (2013), “Penerapan Algoritma Fisher-Yates Pada Aplikasi The Lost Insect Untuk Pengenalan Jenis Serangga Berbasis Unity 3D”. Teknik Informatika, STMIK Global Informatika MDP, Palembang.

Supriyanto. (2014), “Penerapan Algoritme Fisher-Yates pada Edugame Guess Caculation Berbasis Android”, Program Studi Informatika, STMIK GI MDP, Palembang.

Cahyono, Y.T. (2013), “Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Promethee (Studi Kasus : Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum)”, Teknik Informatika, UPN “Veteran”, Yogyakarta.

Arif, F. (2010), “Mengacak Kartu dengan Algoritma Fisher-Yates [Actionscript 3.0]”, http://blog.flashindonesia.com/2010/10/mengacak-kartu-dengan-algoritma-fisher-yates-actionscript-3-0/ , diakses tanggal 28 Oktober 2010.

Ilham. (2014), “Penjelasan Algoritma Fisher-Yates”, http://ilham1012.tumblr.com, diakses tanggal 08 April 2014.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »