SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN GURU TERBAIK PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BIREUEN

Fitriana Fitriana, Mutammimul Ula

Abstract


ABSTRAK

 

Sistem pendukung keputusan ini digunakan untuk memilih guru terbaik dan ditujukan untuk Dinas Pendidikan Bireuen  yang masih menggunakan sistem manual dalam menilai calon-calon guru terbaik. Sehingga sistem ini diharapkan dapat membantu pihak dinas dalam proses penilaian dan penentuan guru terbaik di wilayah Bireuen secara cepat dan tepat. Metode yang digunakan dalam perangkingan pemilihan guru terbaik pada sistem ini menggunakan metode Promethee; yaitu suatu metode yang termasuk ke dalam kelompok pemecahan masalah Multi Criteria Decision Making (MCDM). Hasil dari perangkingan dalam sistem ini dipengaruhi oleh pemilihan kriteria preferensi dan penentuan threshold yang dimasukkan ke dalam sistem. Sehingga, hasilnya ada yang sama dan ada yang tidak sama dengan proses seleksi manualnya. Pengujian sistem ini menggunakan data nilai dari 5 guru, yang perangkingannya dibagi menurut kelompok SMA/MA. Dari beberapa ujicoba yang telah dilakukan untuk menentukan guru terbaik., hasil perangkingannya jauh lebih cepat dan lebih akuntabel. Perangkat lunak yang digunakan yaitu PHP dan Mysql

 

Kata Kunci—Sistem Pendukung Keputusan, Guru Terbaik, Metode Promethee, PHP,  Mysql.

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Kadir. 2010 Pengenalan Sistem Database, Yogyakarta; Penerbit Andi Yogyakarta

Jogiyanto, 1989, Analisa dan Desain Sistem, Andi Offset, Yokyakarta.

Linda Atika, 2007, Sistem penunjang keputusan penilaian kinerja pemilihan dosen berprestasi menggunakan metode AHP.

Ommy Anjas Asmara, 2013, Sistem pendukung keputusan penerimaan karyawan pada saudara group semarang menggunakan metode promethee.

Roger S. Pressman, 2012. Manajemen System informasi Berbasis Web Penerbit :

Dinastindo, Jakarta.

Siti Maryam Siregar, 2015, Sistem pendukung keputusan pemilihan guru teladan di SMA Era Utama Pancur Batu menggunkan metode Topsis.

Wahana Komputer, 2010: 1. Analisa dan Desain Sistem dengan PHP dan MySQL. Penerbit : Andi Yogyakarta.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »