SISTEM PENJADWALAN KULIAH PRODI FISIKA UNIVERSITAS ALMUSLIM MENGGUNAKAN METODE TABU SEARCH

Rita Zahar, Rokhmat Hidayat

Abstract


ABSTRAK

 

 

Sistem penjadwalan yang sudah ada di Jurusan Fisika masih memiliki kekurangan dalam kegunaan dan fungsi untuk mengatur penjadwalan perkuliahan. Dengan kekurangan yang ada maka timbul masalah yang bersangkutan dengan penjadwalan Jurusan Teknik Informatika. Masalah yang timbul adalah karena tidak adanya dokumentasi dan coding, sehingga menyulitkan dalam pengembangan sistem informasi penjadwalan tersebut. Dikarenakan aplikasi penjadwalan yang sudah ada hanya ada Exe nya saja. Oleh sebab itu, maka penulis membuat sebuah sistem penjadwalan berbasis web yang memudahkan dalam membuat jadwal kuliah serta dapat memberikan kemudahan kepada mahasiswa. Dalam pengembangan sistem informasi penjadwalan ini penulis menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL 5.0 sebagai database servernya serta algoritma  tabu search. Untuk perancangannya menggunakan metode terstruktur yang menggunakan Flow Map, ERD, DFD sebagai alat bantu untuk merancang aplikasi pengembangan sistem informasi penjadwalan kuliah jurusan Fisika.

Kata kunci : Penjadwalan, PHP, Tabu Search


Full Text:

PDF ()

References


DAFTAR PUSTAKA

Asnida Noor Sholihaty, 2010. Perancangan Sistem Informasi Geografis Untuk mengetahui Letak Sekolah Luar Biasa (SLB) Di Daerah istimewa Yogyakarta Berbasis Web. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Amikom Yogyakarta.

Agus Mulyanto, 2009. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Azhar Susanto, 2008. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya.

Aronoff, 1989. GeographicI nformationS ystema ManagemenPt erspective". WDL Publication,O ttawa-Canada.

Deny Wiria Nugraha, 2010. Perancangan Sistem Informasi Geografis Menggunakan Peta Digital. Jurusan teknik Spil Fakultas Teknik UKRIM Yogyakarta.

Gerald, 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Jogianto, 2007. Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Kismiaji, 2009. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Kedua; Yogyakarta : Akademi Manajemen. Perusahaan YKPN.

Presetyo, 2008. “Pemanfaatan Grey Literature di Perpustakaan”. Jurnal Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan : Buletin Perpustakaan Universitas Airlangga. Vol.III,No.2, edisi Juli – Desember.

Ricky Agus Tjiptanata dkk, 2011. Sistem Informasi Geografis Rumah Sakit Berbasis Web Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma.

Sutabri, 2008. Sutabri, Tata. 2012. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Widodo, 2008. Adobe Dreamweaver CS5 dengan Pemograman PHP dan MySQL (2011). Diterbitkan atas kerjasama Penerbit ANDI Yogyakarta dengan MADCOMS Madiun.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »