APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA INDONESIA, ARAB, ACEH TINGKAT SD BERBASIS MULTIMEDIAMENGGUNAKAN METODE FUZZY

Rusniati Rusniati, Riyadhul Fajri, Zara Yunizar

Abstract


ABSTRAK

Dalam membuat aplikasi pembelajaran interaktif harus sesuai dengan pemograman yang akan dirancang supaya interaktif Bahasa indonesia, arab, aceh tingkat SD berbasis Multimedia untuk meningkatkan pemahaman konsep secara interaktif dari siswa melalui berpikir dan bekerja yang menghasilkan umpanbalik melalui diskusi dengan petunjuk atau tanpa petunjuk dari guru. Suatu cara atau Teknik pembelajaran yang digunakan guru pada saat menyajikan tiga Bahasa untuk menciptakan interaktif yang idukatif, yakni antara guru dengan siswa dengan sumber dalam menunjang tercapainya tujuan belajar. Dengan adanya penggunaan Multimedia sebagai aplikasi pembelajaran dapat meninkatkan motivasi belajar secara optimal dan seefektif mungkin. Metode fuzzya dalah suatu metode penentuan urutan dalam analisis penilaian. Hasil dari penelitian ini adalah suatu aplikasi pembelajaran interaktif berdasarkan penilaian yang sesuai dengan metode fuzzy yang telah ditentukan. Output berupa rangking.

 

Kata kunci:Media Pembelajaran, Metode Fuzzy

Full Text:

PDF ()

References


Daftar pustaka

Aryadi, jefri (2011), Media pembelajaraninteraktifjaringankomputermenggunakan macromedia flash 8 di Smknegeri 1saptosari.

Al bahra bin ladjamudi (2005) konsepaplikasi data dalambukunya yang berjudulAnalisisdanDesainSistemInformasi, menjelaskanbahwa:

Depdiknas (2003:3) Bahasaadalahsumberlambangbunyiujaran yang di gunakanuntukberkomunikasiolehmasyarakatpemakaianpadahakikatnyadiucapkanpemikiran

HasanAlwi (2002:88) bahasaindonesiahadalahbahasa yang sesuaikontekspembicaraandanpenulis

JefriAryadipadatahun 2011 kecanggihanteknologikomputerpadasa,atinisuddbaik, media mempercepatpenyampaiansuatumateripembelajarantertentudalambentuk visual ataupunaudiovisiul.

Jogiyanto (2005) dalambukunya yang berjudulAnalisisdanDesainSistemInformasi, menjelaskanbahwa, Data Flow.

Kirdaklaksana (1983:27) bahasaacehmerupakansebagiandaribahasamelayupolinesia

Prof .Lotfi A. Zadehpadatahun 1965.Dasarfuzzy logic adalahteorihimpunanfuzzy.Padateorihimpunanfuzzyperananderajatkeanggotaan.

Samodra, DidikWira(2009), MultimediaPembelajaranReproduksiPadaManusia

Ust.Hanafi (1989:55) bahasaarabsalahsatubahasasemitiktengah yang termasukdalamrumpun

Yulmaini(2013), Pengembangan Media PembelajaranCD InteraktifMateriStrukturdan FungiselDilengkapiTeka-TekiSilangBerbasis Flash.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »