PENGARUH PERILAKU KEPEMIMPINAN KETUA PROGRAM STUDI DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA DOSEN DALAM LINGKUP UNIVERSITAS ALMUSLIM
Sari
Yang melandasi masalah penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran Perilaku kepemimpinan Ketua Program Studi, Pelatihan Dosen, dan Kinerja Dosen dalam lingkup Universitas Almuslim?, adakah pengaruh Kepemimpinan Ketua Program Studi terhadap Kinerja Dosen?, adakah Pengaruh Pelatihan Dosen terhadap Kinerja Dosen ?, dan adakah Pengaruh secara bersama-sama antara Perilaku Kepemimpinan Ketua Program Studi dan Pelatihan Dosen terhadap Kinerja Dosen dalam lingkup Universitas Almuslim. Penilaian kinerja bermanfaat untuk mengetahui perkembangan dan kemajuan organisasi sesuai dengan standar-standar yang dilakukan dan sekaligus umpan balik bagi pekerja itu sendiri untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan sehingga dapat memperbaiki diri dan meningkatkan kinerja. Kinerja Dosen adalah kemampuan dosen dalam mencapai tujuan kegiatan belajar mengajar yang meliputi penyusunan program pengajaran, melaksanakan program pengajaran, komitmen dosen dalam kedinasan, melaksanakan evaluasi, dan menyeleng-garakan program bimbingan dengan tujuan guna meningkatkan prestasi dan kualitas mahasiswa. Hasil penelitian menggambarkan Kinerja Dosen dalam lingkup Umuslim berada pada katagori tinggi. Karena mereka sudah memahami dan menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sesuai dengan harapan. Hubungan antara perilaku kepemimpinan Ketua Prodi secara langsung terhadap Kinerja dosen masih rendah. Sementara hubungan antara pelatihan dosen terhadap kinerja dosen memiliki hubungan yang kuat.
Kata Kunci : Kepemimpinan,Pelatihan, Kinerja
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto. (1983). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi. Ceta-kan 2. Jakarta: Penerbit Reneka Cipta
Budiandono, D. (1977). Manajemen Dan Moti-vasi. Perencanaan dan Penyeleng-garaan Latihan Kerja. Jakarta : Bharata Karya Aksara.
Depdiknas, (2004). Panduan Buard Based Education. Jakarta, Depdiknas.
Dessler,G. (1997). Management Personalia. Alih Bahasa: Agus Dharma, Jakarta, Erlangga
Hasibuan, M.S.P. (2006). Manajemen Sumber Daya manusia. Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara
Hersey, P. & Blanchard, K.H. (1982). Mana-gement of Organizational Behavior: Utillizig Human Resource. 4th Ed, New Yersey: Prentice Hall.
Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2001). Educational Administration, New York: Random House, Inc.
Imron, A. (1995). Pembinaan Guru di Indo-nesia. Jakarta, Pustaka Karya.
Mangkuprawira, S. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta : Chalia Indonesia
Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompe-tensi. Bandung, PT R-Rosdakarya Offset.
Owens, R.G. (1991). Organizastional Behavior In Education. Philadelphia: Prentice Hall Intemational, Inc.
Riduan & Sunarto. (2010). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Lengkap dengan Aplikasi SPSS 14. Bandung: Alfabeta
Robbins, S.P. (1996). Organizational Behavior. Concepts, Controversies, Applications, Seventh Edition. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall,Inc
Robbins, S.P. (1999). Prinsip – Prinsip Perilaku Organisasi, Terjemahan oleh Halida dan Sartika, D. 2002. Jakarta: Erlangga.
Sergiovanny. T.J., & Starratt. (1983). Super-vision: Human Perspectives(3 rd ed.) New York: McGraw-Hill Book Company
Siagian. S.P. (1987). Pengembangan Sumber Daya Insani. Jakarta : Gunung Agung
Sumanto,W., & Sutopo, H. (1982). Kepemim-pinan dalam Pendidikan Tinggi. Depdikbud : Jakarta
Torringtong, D. & Huat, T. Ch. (1994). Human Resources Management for South Asia. New York: Prentice-Hall
Trington, D. & Huat, T Ch. (1994). Human Resource Management for Soul Asia. New York: Prentice Hall.
Wen, S. (2003). Future Of Education. Masa Depan Pendidikan. Pandangan Seorang Usahawan Teknologi Tentang Peran IT
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.