PENGARUH INSENTIF NON FINANSIAL ( JOB ENRICHMENT, EMPLOYEE RECOGNITION) TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI KARYAWAN
Sari
Abstrak, Penelitian ini dilakukan untu .L.: memperoleh tambahan bukti empiris mengenai pengaruh insentifnon financial (job enrichment, employee recognition) terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi karyawan. Responden penelitian ini adalah para karyawan yang bekerja pada Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Banda Aceh. Keterbatasan waktu yang dimiliki oleh peneliti mengakibatkan terbatasnya jumlah responden yang dapat digunakan dalam penelitian. Dalam penelitian ini responden yang digunakan adalah sebanyak 60 orang. Basil penelitian menunjukkan bahwa job enrichment memiliki hubungan yang signifikan terhadap kepuasan kerja. Apabila job enrichment semakin tinggi, maka kepuasan akan sernakin meningkat. Dengan skor rata-rata sebesar 3.94, maka dapat disimpulkan bahwa karyawan merasa cukup bebas dalam melaksanakan pekerjaan serta mudah mengevaluasi basil kerja mereka sendiri, kondisi seperti ini sangat diharapkan oleh karyawan, sehingga kepuasan kerja dapat ditingkatkan. Kepuasa kerja karyawan juga dapat disebabkan karna adanya pekerjaan yang menarik dan ksesmpatan untuk mengimplentasikan semua rencana dan ide dalam pekerjaan. Apabila semua karyawan mulai dengan pekerjaan yang menarik, bebas merencanakan apa yang akan dikerjakan, serta mengimplentasikan apa yang direncanakan, dan dapat mengevaluasi apa yang telah dikerjakan, maka karyawan akan mencapai tingkat kepuasan kerja yang optimal.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Allen & Meyer (1990) The Measurement & Antecedent of Afective, Continuance & Normative Commitment to The Organization. Journal Of Occupational Psychology,
Anoraga, Sudantoko. Joko S. (2002) Koperasi, kewirausahaan, dan usaha kecil. Bhineka
Cipta. Edisi Pertama.
.mpat iiatas yang
1h8n
.entif akall rakat iwan agan tkan
.tapi
rata ut: dap lkin van
;IJa
san
AppclbUWJI. Kamal R. (2000) An Analysis of The Utilization & Effectiveness of 11011
Financiai Incentive on Small Bussiness. Journal of Management Development. p
-763
Appelbaum. Shapiro BT.(199!) Pay for Performance Implementation of Individual and
Group Plans. Journal ofManagemeni Development p 77-81
Dalton DR. Todor WD. (1993) Turn Over, Transfer, Absteeism and Independent
Perspective. Journal of Management p 193-219
Gomez-Meija. Welboume M. (1988) Compensation Strategy An Over View & Future
Steps. Human Resource Planing p 173-190
Gaskill LR. Van Auken. Manning RA (I 993) A Factor analytic Study of The Percheived
Causes of Small Bussiness Failure. Journal of Small Bussiness Management p 19-31
Ghozali Imam (2005) Struktural Equation Modeling Dengan Program LISm-;L 8.54,
Badan Pcncrbit Universitas Diponcgoro, Scmarang
Greensing L.(1996) When The Carrot Cant Be Cash. Security Management p 143-149
Greenberg 1. Baron RA.(2001) Behavior in Organization. Prentice Hall Intemational 711i
Edition
Pengaruh InsentifNon Financial
Amiruddin Idris
Jurnal MARKET Volume 16, .luH 201 0
ISSN: 1693-4806
Grund C. Sliwka D. (2001) The Impact of Wage Incrases on Job Satisfaction-Empirical PE
Evidence & Theoritical Implications. Discussion Papper 387
trlr~J11~1 T
R . rrun dl1~ /199"0)...i.sssenct.al M,anager l!VI1' UmJUlD. .1v r:.. P utun,.sn,.mg
'1T"~W
rorx1
. ,1.'T1 r
Nur Indriantoro dan Bambang Supomo (2000) Metode Penelittan Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi 1, BPFE, Yogyakarta
Knoop R. (1995) Relationships Between Job Involvement, Job Satisfaction & Organizational Commitment fOTNurses. Journal ofPsychology interdisciplinary & Apllied, 129 (6) 643-649
Kran L. (1992) Moderating Effect of Locus Of Control on Performance Incentives &
Participation.lfu;nan Relations p 991-1012
Lewis D. Brazil K. Krueger. Lochfeld. Tjam E. (2001) Extrinsic and Intrinsic etenninants of Quality of Work Life. Leadership in Heal! Services p 9-15
Locke, (1976)The Nature & Causes of Job Satisfaction in MD Dunnete (ed) Handbook of
Industrial and Organizational Psycology. Chicago. Rand Mc Nally Pub. Co
Nicholson GC. (1998) Keeping Inovation Alive. Research Technology Management
Oshagbemi T. (2000) Correiates of Pay of Satisfaction in Higher Education. The
International Journal of Educational Management 14 p 31-39
Reed SA. Katcman. Strawser (1994) Job Satisfaction Organizational Commitment & Tum Over Intentions of United States Accountant The Impact of Locus of Control & . Gender. Accounting & Auditing & Accountability Journal p 31-58
Abstr: dalam metod bahwa pentin rencar lillgku
bLIa( z1;i>1 ",....
secara orgam saja n memb basis 1
Kata
Robbin SP. (1998) Organizational Behavior
D..,.on-hroo Ua}l int.o.rn:t-i,,-n~l Q'th Q;I;t-1rvnC1
..1 .1,",J.J.l..1o1~.1..1 .1 .1J..J...I.1.1.n ...."J.v.1J.u.J. V .1..JU.1l ..nJ.1.1J
Concept Controversies, Application.
Setiawan dan Ghozali. (2005) Pengaruh Multi Dimensi Komitmen Organisasional
Terhadap Intensi Keluar dalam Setting Akuntan Publik, Usahawan No 04.39-44
Simmons ES. (2005) Predictors of organizational Commitment Among Staff in Assisted
Living. The Gerontologies. Vol 45 (2) 196-206
Spector. Paul E. (1982) Behavior in Organization as A Function of Employees Locus Of
Control. Psychologycal Bulletin p 482-497
Widyandono Hengky. (2003) Dampak Locus Of Control terhadap Pengaruh insentif non finansial pada kepuasan kerja raryawan UKlvl. Tesis. Program Magister Sains. FE. UGM
Wyer P. Mason 1. (1999) Empowerment in Small Bussiness. Participation &
Empowerment. An International Journal p 180-193
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.