PENGARUH KEAMANAN, KESADARAN MASYARAKAT, PUNGUTAN LIAR, SUMBER DAYA MANUSIA, DAN SUMBER DAYA ALAM TERHADAP PAD BIREUEN

sonny ikhsan mangkuwinata

Sari


Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh variabel keamanan, kesadaran masyarakat, pungutan liar, sumber daya manusia, dan sumber daya alam terhadap pendapatan asli daerah Kabupaten Bireuen dengan metode kuantitatif berdasarkan analisis regresi berganda. Responden bersumber dari Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Dinas Perhubungan, dan Dinas Perikanan. Dengan sampel sebanyak 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan hubungan variabel yang diteliti dalam persamaan; Y = 5,91 + 7,10X1 - 5,91X2 + 3,84X3 + 1,74X4 + 4,01X5. Koefesien Korelasi (R) 0,819 yang menunjukan bahwa derajat hubungan (Korelasi) antara Variabel bebas dengan variabel terikat sangat kuat. Hal ini mengisyaratkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mempunyai hubungan yang kuat dengan Keamanan, Kesadaran Masyarakat, Pungutan liar, Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam. Sekira 67% perubahan yang terjadi pada variable PAD di pengaruhi oleh variabel Keamanan, Kesadaran Masyarakat, Pungutan liar, Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam.

 

Kata Kunci :  Keamanan, Kesadaran Masyarakat, Pungutan Liar,  Sumber Daya Manuasi

                   Sumber Daya Alam, Pendapatan Asli Daerah


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, 2005, Analisis Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Pidie, Skripsi (tidak dipublikasikan), Fakultas Ekonomi Unsyiah, Darussalam, BandaAceh.

Arnita, Kustadi, 2004, Sistem Perpajakan di Indonesia, Penerbit Alumni Bandung.

Azwir, 2006, Analisis Pendapatan Asli Daerah di Indonesia, BPFE-UI, Jakarta.

Dumairy, 2004, Matematika Terapan Untuk Bisnis dan Ekonomi, Cetakan ke-8, jilid 3, BPFE-UGM, Jogjakarta

Departemen Dalam Negeri, 2001, “Pengukuran Kemampuan Daerah Dalam Rangka Pelaksanaan Otonomi Daerah Yang Nyata dan Bertanggungjawab, Litbang Depdagri, Jakarta.

Diah Lutfi Wijayanti, 2001 “Sektor-Sektor Ekonomi Potensial dan Pembiayaan Pembangunan Dalam Rangka Otonomi Daerah: DIY”, Tesis S-2 PMS UGM Yogyakarta (tidak dipublikasikan).

Halim, Abdul 2004. Akuntansi Keuangan daerah, Edisi Revisi, Salemba Empat, Jakarta

Hendri, Ahmadi, 2000, Analisis Dampak Perekonomian Wilayah Terhadap Keuangan Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia, Makalah seminar pada tanggal 15 Agustus 2008 di Jakarta

http://www.wikipedia.com

Guritno, 2005, Ekonomi Publik dan Aplikasi Ekonomi, BPFE-UGM, Jogjakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.