PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI JAMUR TIRAM (Pleorotus ostreatus) AKIBAT KONSENTRASI PEMBERIAN MOLASE (GULA MERAH)

Nurhadisah .

Sari


Penelitian ini dilaksanakan di Desa Uleegle Paya Pisang Klat Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya, pelaksanaan penelitian berlangsung dari bulan September 2013 sampai dengan  November 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi pemberian molase (gula merah) terhadap pertumbuhan dan produksi jamur tiram. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial dengan 1 faktor . Faktor  yang diteliti adalah konsentrasi molase sebanyak 3 taraf perlakuan. Masing-masing perlakuan diulang 3 kali sehingga terdapat 9 satuan percobaan. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah jumlah badan buah,  berat segar badan buah dan lebar tudung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi molase tidak berpengaruh nyata terhadap semua peubah yang diamati.

Kata Kunci : Jamur Tiram, Molase, Konsentrasi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Asegab dan Muad, 2011, Bisnis Pembibitan Jamur Tiram, Jamur Merang dan Jamu Kuping, PT. Agromedia Pustaka, Jakarta selatan.

Busweell dan Chang.2004 (http://www.antaranews.com/berita/1319814764/

Darnetty, 2006. Pengantar Mikologi. Padang: Andalas Universitas Press.

Djariah. 2001. Budi Daya Jamur Tiram. Pembibitan Pemeliharaan dan Pengendalian Hama Penyakit. Jogjakarta: Penerbit Kanisius.

Fitriani dan Lina Indah, 2008. Pemanfaatan Limbah Media Tanam Jamur Tiram Putih Pleurotus Ostreatus Sebagai Kompos Dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Cabai Merah Surabaya.

Gunawan, A. W. 2005. Usaha Pembibitan Jamur : Bogor IPB Pres.

Pamungkas, 2000. Physiology of the Fungi.Yogyakarta: jurnal Ilmiah.

Purnama, 2006. Membuat Kompos Edisi Revisi. Jakarta: Agromedia.

Rianti, 2002. Pengaruh Perbandingan Bagas dan Blotong terhadap Pertumbuhan dan Produksi Jamur Tiram Putih, Yogyakarta :Jurnal Ilmiah Agrivet.

Sumarsih, 2002. Pengaruh Perbandingan Bagas dan Blotong terhadap Pertumbuhan dan Produksi jamur Tiram Putih, Yogyakarta : Jurnal IImiah Agrivet.

Sumiati, 2003. Pengantar Mikologi. Padang: Andalas Universitas Press.

Suriawiria, H. U. 2000. Sukses Beragrobisnis Jamur Kayu : Shitake, Kuping,Tiram. Jakarta : Kasinius.

Suriawiria, H. U. 2006. Budidaya Jamur Tiram, Penerbit Kanisius, Jakarta.

Tarigan, 2001. Pengantar Mikrobiologi, Departemen Pendidikan, Yogyakarta.

Wiardani Isnaen, 2010. Budidaya Jmur Konsumsi: Menanggung Untung dari Budidaya Jamur Tiram dan kuping, Bogor: Lily Publisher.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.