Pengaruh Konsentrasi Dan Cara Pemberian Pupuk Pelengkap Cair Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Kacang Kedelai (Glycine max (L.) Meriil)

Widia Zahara, Zahrul Fuady

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan cara pemberian pupuk pelengkap cair terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang kedelai. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Kubu Kecamatan Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen pada bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2019. Rancangan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial yang terdiri dari 4 taraf perlakuan Konsentrasi pupuk pelengkap cair (K), terdiri dari 4 taraf  yaitu : K0= 0 cc/l air, K1 = 20 cc/l air, K2 = 40 cc/l air dan K3 = 60 cc/l air. Pengamatan yang diamati dalam penelitian ini meliputi tinggi tanaman, diameter batang, jumlah bintil akar, jumlah polong, berat polong, dan  berat 100 biji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan konsentrasi pupuk pelengkap cair berpengaruh sangat nyata terhadap pertumbuhan tinggi tanaman kedelai umur 30 dan 45 HST, diameter batang umur 45 HST, jumlah bintil akar, jumlah polong dan berat 100 biji. Perlakuan terbaik dijumpai pada perlakuan konsentrasi 20 cc/L air (K1).

 

 

Kata Kunci :Biosuper, Pupuk Pelengkap Cair, Kacang Kedelai

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Dartius, 2012. Fisiologi Tumbuhan 2. Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara. Medan.

Gardner, F.P, R.B. Pearce dan R.L. Mitchell. 2009. Fisiologi tanaman budidaya (terjemahan). UI. Jakarta.

Irwan A.W. 2011. Budidaya Tanaman Kedelai (Glycine max (L.) Merill). Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Bandung.

Kamil. J. 2009. Teknologi Benih I. Angkasa Raya. Padang.

Mahmud, Z. 2012. Perembesan Nitrogen dari Bintil Akar Rhizobium Japonicum.Thesis MS, IPB Bogor.

Marsono dan P. Sigit, 2010. Pupuk Akar. Redaksi Agromedia, Jakarta.

Mestika Amelia Sinuraya, Asil Barus, Yaya Hasanah. 2015. Respons Pertumbuhan Dan Produksi Kedelai (Glycine max (L.) Meriil) Terhadap Konsentrasi Dan Cara Pemberian Pupuk Organik Cair. Jurnal Agroekoteknologi. USU Medan

Novizan.2012. Petunjuk Pemupukan yang Efektif. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Rahmah, A., M. Izzati., S. Parman. 2014. Pengaruh Pupuk Organik Cair Berbahan Dasar Limbah Sawi Putih (Brassica chinensis L.) Terhadap Pertumbuhan Tanaman Jagung Manis (Zea mays L. Var. Saccharata). Buletin Anatomi Dan Fisiologi. Volume XXII, (1) Hal: 65-71 , Maret 2014.

Rinsema. 2013. Petunjuk dan Cara Penggunaan Pupuk. Bharata Karya Akdara. Jakarta.

Wibawa, A. 2011.Intensifikasi Pertanaman Kopi dan Kakao Melalui Pemupukan.Warta pusat penelitian Kopi Kakao. Jurnal Agrotropika.

Widarawati, R dan T. Harjoso. 2011. Pengaruh pupuk P dan K terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang hijau (Vigna radiata L.) pada media tanah pasir pantai. Jurnal Pembangunan Pedesaan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.