STARTEGI PEMASARAN USAHA TANI LADA DI AGRO ENDATU MULYA DESA BLANG PANYANG KECAMATAN MUARA SATU KOTA LHOKSEMAWE

Saiful Hurri

Sari


ABSTRAK

Lada merupakan salah satu dari 12 komoditas prioritas pembangunan perkebunan yang memegang peranan penting, baik secara historis, ekonomis dan sosiologis. Saat ini produktivitas lada masih rendah yaitu sekitar 0,7 ton/ha/tahun dari potensi 2-3 ton/ha/tahun. Salah satu langkah untuk meningkatkan produktivitas lada adalah memperbaiki sistem budidaya tanaman lada. Tanaman lada dapat diperbanyak dengan biji atau stek batang/sulur. Tetapi, umumnya diperbanyak dengan stek batang/sulur karena relatif lebih mudah. Murah atau ekonomis dan dapat mempertahankan sifat-sifat keturunannya. Perbanyakan dengan biji hanya dilakukan untuk tujuan penelitian.

Kata kunci: strategi pemasaran, usaha tani lada, Agro Endatu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Direktorat Budidaya Tanaman Rempah dan Pagar (Diratpahgar). 2008. Budidaya Lada yang Baik dan Sehat. http://ditjenbun.deptan.go.id/ Akses 10 Maret 2017 pukul 10.20 WIB.

Ida, Syamsu Roidah. 2013. Strategi Pemasaran Jagung Hibrida di Desa Janti Kec. Papar Kab.Kediri.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, Freeddy. 2000. Analisis SWOT Tehnik Membedah Kasus Bisnis, Reontasi Konsep, Penerapan Strategi Menghadapi Abad 21. Jakarta: PT Gramedia PustakaUtama.

Sarpian, T. 2004. Lada: Mempercepat Berbuah, Meningkatkan Produksi, Memperpanjang Umur. Penebar Swadaya. Jakarta.

Siti Aminah, 2009. Pertumbuhan Bibit Stek Lada (piper nigrum Linnaeus) Pada Beberapa Macam Media Dan Konsentrasi Auksin. Jurnal.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »