PEMBELAJARAN KITAB TAHRIRUL AQWAL/AWAMIL BERBASIS ANDROID DI DAYAH SALAFI KABUPATEN BIREUEN

Najmuddin. MA, Riyadhul Fajri, M. Iqbal

Sari


ABSTRAK

Pembelajaran Ilmu Nahwu adalah salah satu kebutuhan penting yang harus dipelajari di setiap balai pengajian atau dayah, karena Kitab Tahrirul Aqwal atau disebut Kitab Awamil. Kitab ini wajib dipelajari oleh setiap pelajar untuk mengetahui tentang dasar-dasar ilmu Nahwu. Android adalah sistem operasi yang berbasis linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri yang digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Hasil wawancara perdana dengan mitra (pimpinan dayah, guru dayah dan santri) terdapat kendala dalam pembelajaran kitab ini, karena media pembelajaran hanya menggunakan kitab dan bersifat menoton, mendengar saja, santri juga kurang minat untuk menghafal karena malas untuk membuka kitab. Berdasarkan permasalahn mitra di atas, solusi yang ditawarkan dalam program IbM ini yaitu: 1) pembuatan aplikasi pembelajaran Kitab Tahrirul Aqwal/Awamil ilmu Nahwu berbasis android; 2) lahirnya metode pembelajaran  kitab Tahrirul Aqwal/Awamil ilmu Nahwu membantu mitra dalam proses belajar mengajar sehingga membuat santri mudah untuk memahami kandungan kitab; 3) menarik minat belajar santri untuk lebih giat dalam menghafal isi kitab yang terdapat di smartphone ini bisa menarik. Tujuan aplikasi berbasis android ini memudahkan pelajar dalam mempelajari atau menghafal isi dan kandungan dari Kitab Awamil. Pelajar lebih tertarik mempelajari Kitab Tahrirul Aqwal menggunakan smartphone android. Langkah-langkah pelaksanaan program ini dilakukan dengan: survei perdana ke lembaga mitra sehingga diperoleh masalah yang sedang dihadapi. Penentuan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah, pembuatan aplikasi Kitab Nahu berbasis android, dilanjutkan dengan sosialisai aplikasi tahap pertama untuk mendapatkan masukan dari mitra. Kemudian perbaikan aplikasi dan sosialisasi tahap dua ke lembaga mitra untuk mendapatkan masukan dan pengembangan lanjutan. Setelah selesai aplikasi didaftarkan pada playstore untuk masyarakat ramai, pada tahun berikutnya dirancanakan akan dilakukan pengembangan aplikasi dengan mengisi suara.

Kata kunci: pembelajaran, Kitab Tahrirul Aqwal/Awamil, android

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Adinda, Ramadhany. 2007. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Iqra Berbasis Android. STMIK GI MDP: Jurusan Teknik Informatika.

Anisyah. 2000. Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Astuti, Dwi. 2006. Teknik Membuat Animasi Profesional Menggunakan Macromedia Flash 8. Yogyakarta: Andi dan Smit Dev.

Dwi, Harjaningrum. 2014. Media Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Kelas II SD. Universitas Muria Kudus: Prodi. Teknik Informatika, Fakultas Teknik.

Dhanta, R. 2009. Pengantar Ilmu Kompter. Surabaya: Indah.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hermawan, Susanto. 2011. Mudah Membuat Aplikasi Android. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

H. Nazruddin, Saffat. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet Pc Berbasis Android. Bandung: Informartika Bandung.

Jogiyanto, H.M. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: CV. Andioffset.

Muhammad, Abdul Fatah. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Perkuliahan Fisika Dasar 2 Materi Listrik Statis Menggunakan Macromedia Flash 8. Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Prodi. Tadris Fisika, Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Mulyadi, S. T. 2010. Membuat Aplikasi untuk Android. Yogyakarta: Multimedia Center Publishing.

Nazruddin, Safaat H. 2011. Android (Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android). Bandung: Informatika.

Priyanti. 2011. Pemograman Android untuk Pemula. Jakarta: Cerdas Pustaka.

Ruhimat, T. dkk. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtenkpen FIP UPI.

Tgk. Ibrahim. 1976. Kitab Tahrirul Aqwal. Panton Labu.

Yudhiantoro, Dhani. 2006. Membuat Animasi WEB dengan Macromedia Flash Profesional 8. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »