SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN DOSEN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE ELECTRE

Zara Yunizar

Sari


ABSTRAK

Dosen merupakan pilar utama dalam institusi pendidikan tinggi dan kualitas dosen sangat mempengaruhi kualitas institusi tersebut. Berdasarkan UU No. 14 Tahun 2005 pasal 5, tiga tugas utama dosen adalah mengajar, meneliti dan melakukan pengabdian masyarakat, serta ditambah dengan kegiatan penunjang yaitu aktif dalam kegiatan seminar dan kepanitiaan. Pemilihan dosen terbaik dilakukan untuk mengukur kinerja dosen selama ini serta menjadi masukan bagi dosen agar dapat meningkatkan kinerjanya. Metode electre merupakan salah satu metode dalam Multi Criteria Decision Making (MCDM) yang berdasarkan konsep Outranking dengan menggunakan perbandingan berpasangan dari alternatif-alternatif berdasarkan setiap kriteria yang sesuai. Metode ini sesuai digunakan untuk sistem yang memiliki banyak alternatif dengan beberapa criteria dan dalam penelitian ini akan digunakan 4 kriteria yaitu Pengajaran, Penelitian, Pengabdian dan Penunjang. Penelitian ini menggunakan sampel 5 orang alternative dosen dengan ID Dosen D_1, D_2, D_3, D_4 dan D_5. Penerapan metode electre dalam sistem pendukung keputusan dosen terbaik diharapkan dapat menghasilkan sebuah sistem yang efektif dan efisien dalam mengukur kinerja dosen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dosen terbaik dengan nilai terbesar adalah alternatif D_5.

Kata Kunci: dosen, electre, MCDM, pengajaran, penelitian, pengabdian, penunjang, SPK

PENDAHULUAN

Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (UU RI No. 14 Tahun 2005). Selain tridharma, dosen juga harus melakukan tugas penunjang lainnya. Dosen yang aktif dalam kegiatan tridharma akan meningkatkan kualitas pendidikan mahasiswa pada institusi tersebut, oleh karena itu sangat penting untuk mengukur kinerja dosen serta mendapat dosen terbaik yang dapat dijadikan motivator bagi dosen, salah satu cara mengukurnya adalah dengan menggunakan Sistem Pendukung Keputusan (SPK). 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Burstein, F. 2008. Handbook on Decision Support Systems 1. Springer. Janakiraman, V.S. 1999. Decision Support Systems. India: Prentice Hall.

Janko, Wolfgag & Bernroider Edward. 2005.Multi-Criteria Decision Making An Application Study Of Electre & Topsis. Dalam Fuzzy Multy-Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kadarsah, S; M. Ali, Ramdhani. 2000. Sistem Pendukung Keputusan. Remaja Rosda Karya.

Kusumadewi, Sri; dkk.(2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (fuzzy MADM).Graha Ilmu.

Setiawan, F; dkk. 2015. Implementasi Metode Electre Pada SistemPendukung Keputusan SNMPTN Jalur Undangan, Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer (KLIK), Volume 02, No.02 September 2015, ISSN: 2406-7857.

Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Wildan. Fauzi. 2016.Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Dana Rutilahu dengan Menggunakan Metode Electre, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2016 (SENTIKA2016) Yogyakarta, 18-19 Maret 2016, ISSN: 2089-981.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »