SOSIALISASI DAN PELATIHAN KEGIATAN BERMAIN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMPETENSI GURU-GURU TK/PAUD DI KOTA LHOKSEUMAWE

Fauziatul Halim

Sari


ABSTRAK

Program ini memberikan kesempatan kepada dosen untuk memperoleh penghayatan dan masuk ke dunia siswa sekaligus berbagi pengalaman secara langsung dengan guru dan warga sekolah. Pemenuhan penghayatan dosen terhadap interaksi antarpendidik yaitu dosen dan guru TK/PAUD melalui sosialisasi dan pelatihan ini akan berlanjut menjadi sekolah mitra Universitas Almuslim, kerja sama ini dapat mewujudkan sharing informasi dan solusi oleh prodi PG-PAUD maupun pihak universitas. Terselenggaranya kegiatan ini diharapkan kualifikasi guru PAUD bisa meningkat terutama pada pengembangan kompetensi profesional dan bagi dosen prodi PG-PAUD penghayatan terhadap pengembangan kegiatan bermain secara tertulis diimplementasikan oleh guru di sekolah. Program sosialisasi dan pelatihan ini merupakan bagian dari program mandiri dalam rangka melaksanakan kegiatan tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini diikuti oleh sebelas orang dosen program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Adapun dosen penyampai materi yaitu ketua pelaksana Fauziatul Halim, M.Pd dan beberapa dosen pendamping yang memberikan bimbingan dalam pelaksanaan kegiatan bermain. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini memberikan makna bahwa: 1) diskusi yang terjadi antara penggiat pendidikan dosen dan guru memberikan harmonisasi baru bagi pengembangan mutu pendidikan; 2) meningkatkan kerja sama dosen dan guru pada sekolah mitra merupakan solusi untuk meningkatkan kualitas peserta didik, baik di universitas maupun di Taman Kanak-kanak; 3) pentingnya bermain bagi anak-anak bukan hanya mengembangkan tingkat kemampuan motoriknya tetapi kecerdasan aspek pengetahuan dan sikap; 4) bermain adalah kegiatan fundamental pada proses belajar bagi anak usia dini; 5) pentingnya bermain bagi anak-anak bukan hanya mengembangkan tingkat kemampuan motoriknya tetapi juga kecerdasan aspek pengetahuan dan sikap.

Kata Kunci: kegiatan bermain anak usia dini, kompetensi profesional, Guru PAUD

PENDAHULUAN

Masa kecil adalah masa periode emas, masa seperti inilah anak-anak memerlukan suatu pendekatan yaitu bermain. Dalam hal ini seperti ditegaskan Dra. Menuk Teguh Riyati pada seminar Multiple Intelligence, menyatakan bahwa Modal membentuk anak tangguh dan sukses, bahwa bermain merupakan cara anak belajar tentang kehidupan. Melalui kegiatan bermain, anak dapat bereksplorasi, menemukan jati diri dan mengembangkan ide-ide yang mereka miliki. Bermain juga bisa memperkecil stres anak, membantu perkembangan bahasa dan sosio-emosional anak. Yang jelas patut disadari seorang anak itu menurut teori multiple intelligence, anak itu memiliki sembilan kecerdasan, yaitu kecerdasan linguistik, logis matematis, spasial, kinestik jasmani dan musikal. Kemudian kecerdasan antarpribadi, intrapribadi, naturalis dan moral. (Republika, 18/5/03).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Hurlock, E. 2004. Perkembangan Anak Jilid 1 (terjemahan oleh Meitasari Tjandrasa dan Muchlisoh Zakarsih).

Semiawan, Conny R. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini: Pendidikan Prasekolah dan Dasar. Jakarta: Prehalindo.

Sujiono; Yuliani, Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan PAUD. Jakarta: Indeks.

___________________. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.

Tim Pengembang. 2007. Kerangka Dasar Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Wahyudin, Uyu dan Mubiar, Agustin. 2010. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: CV Falah Production.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »