PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH

Nazmah Khairani

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mem bantu meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMP Swasta Cut Nyak Dhien Langsa dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang sesuai standar kompetensi masing-masing pelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Swasta Cut Nyak Dhien Langsa yang berjumlah 13 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif terhadap RPP buatan guru. Data penelitian diambil dengan menyusun instrumen menggunakan angket yaitu: tes supervisi kepala sekolah dan tes kinerja mengajar guru. Berdasarkan data yang terkumpul dan hasil pengolahannya disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penyusunan RPP dan  supervisi kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru di SMP Swasta Cut Nyak Dhien Langsa. Hal ini terbukti dan dapat diterima berdasarkan hasil grafik persentase yang semakin meningkat. Perumusan indikator dari 40% menjadi 70%, komponen Penentuan bahan dan materi pembelajaran dari 65% menjadi 80%, dan pada komponen. Pemilihan Strategi dan metoda pembelajaran dari 40% menjadi 60% pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 75% setelah siklus 2. Maka, supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru berhasil meningkatkan kompetensi pedagogik mereka dalam menyusun Perencanaan Pembelajaran di SMP Swasta Cut Nyak Dhien Langsa.

Kata Kunci: kompetensi pedagogik guru, rencana pembelajaran, supervise akademik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1982. Alat Penilaian Kemampuan Guru: Buku I. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.

----------. 1982. Panduan Umum Alat Penilaian Kemampuan Guru. Buku II. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.

----------. Alat Penilaian Kemampuan Guru: Hubungan antar Pribadi.Buku III. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.

-----------. Alat Penilaian Kemampuan Guru: Prosedur Mengajar. Buku IV. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.

Suhardjono, A. Azis Hoesein, dkk (1995). Pedoman penyusunan KTI di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Digutentis, Jakarta : Diknas.

----------. 2005. Laporan Penelitian Eksperimen dan Penelitian Tindakan Kelas sebagai KTI, makalah pada Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di LPMP Makasar, Maret 2005.

Suharsimi, Arikunto. 2002. “Penelitian Tindakan Kelas”. Makalah pada Pendidikan dan Pelatihan (TOT) Pengembangan Profesi bagi Jabatan Fungsionla Guru, 11-20 Juli 2002 di Balai penataran Guru (BPG) Semarang.

Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Supardi. 2005. “Penyusunan Usulan, dan Laporan Penelitian Penelitian Tindakan Kelas.” Makalah disampaikan pada Diklat Pengembangan Profesi Widyaiswara, Direktorat Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »