PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 BIREUEN
Sari
ABSTRAK
Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan untuk menghadapi permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam kehidupan siswa mendatang. Salah satu alternatif model pembelajaran yang diharapkan dapat membentuk kemampuan berpikir kritis siswa adalah model pembelajaran kooperatif Listening Team. Adapun tujuan ini penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Listening Team terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMPN 4 Bireuen. Jenis penelitiannya adalah eksperimental semu (quasi experiment) dengan desain penelitian pre test and post test control group design dengan instrument penelitian adalah tes yang berbentuk essay. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data dalam penelitian menggunakan metode statistik. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test. Hasil perhitungan analisis uji t mengunakan independen sample t-test pada model pembelajaran Listening Team diperoleh data p-level lebih kecil dari 0,05 (p<0,05) yaitu dengan Sig 0.017. Hal ini berarti Ho yang menyatakan ”tidak ada pengaruh model pembelajaran Listening Team terhadap kemampuan berpikir kritis” ditolak dan H1 yang menyatakan ”ada pengaruh model pembelajaran Listening Team terhadap kemampuan berpikir kritis” diterima. Pengaruh rata-rata skor kemampuan berpikir kritis menggunakan model Listening Team tidak terlepas dari konsep pembelajaran aktif yang melibatkan indera pendengar untuk memecahkan masalahan yang diajukan sebagai karakteristik model pembelajaran dan diskusi dalam kelompok kecil untuk bertukar pikiran dalam menyelesaikan masalah yang diberikan, sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci: berpikir kritis, model learning teamTeks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Amir, M. Taufik. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.
Heired, C. F. 2000. AIDS and the Duesberg Phenomenon: A Problem Based Learning Case Study, (Online), (http://search yahoo.com/search?=problem+based+learning, diakses 12 April 2012).
Karmana, I Wayan. 2010. Pengaruh Strategi PBL dan Integrasinya dengan STAD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis, Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Mataram. Tesis. Tidak Diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.
Mahanal, Susriyati dkk. 2007. Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah dengan Strategi Kooperatif Model STAD Pada Mata Pelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis. (Online). (http://www.duniaguru.com-Portal Dunia guru Powered by Mambo Generated, Diakses Minggu, 27 November 2011).
Mulyono. 2012. Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen and Create Bernuaansa Kontruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Lembar Ilmu Pendidikan.
Sadia, I Wayan. 2008. Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis (Suatu Persepsi Guru). Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran UNDIKSHA, No. 2 TH. XXXXI ISSN 0215 – 8250.
Shia, R. M. et al. 2002. Metaconition, Multiple Intelligence and Cooperative Learning. (Online) (http://www.cet.edu.reserch/paper/intelligences.pdf. Diakses 20 Mei 2012).
Sutomo, H. 2005. Pengungkapan Teori Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penelitian Grounded. Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional Biologi dan Pembelajaran, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang, 3 Desember.