Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Invers Matriks di Kelas XII MAN Kruenggeukuh dengan Menggunakan Metode Small Group Work.

mar zu MARZUKI

Sari


Pembelajaran materi invers matrik merupakan salah satu pokok bahasan yang diajarkan pada semester I kelas XII MAN Kruenggukueh. Siswa banyak mengalami kesulitan pada saat mempelajari pokok bahasan invers matrik. Salah satu penyebab adalah karena metode yang digunakan guru kurang sesuai yaitu dengan metode konvensional. Oleh karena itu peneliti menerapkan strategi Small Group Work untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MAN Kruenggukuh semester I yang berjumlah 25 orang siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes awal, tes akhir, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Pembelajaran dengan strategi small group work adalah salah satu alternatif pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XII IPA.2  MAN kruenggukuh.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara

Ansari, B.I. 2010. Komunikasi Matematik. Banda Aceh. Pena

Darsono, M. dkk. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: Semarang Press

Hakim. 2010. Model Pembelajaran Kooperatif. (Online). Tersedia: http://ra. Pembelajaran Kooperatif,hakimtekpendunm.htm. (di akses: 12 Juli 2010)

Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika (Edisi Revisi). Malang: Universitas Negeri Malang.

Kasim. 2009. Belajar Kelompok. (online). Tersedia: http://ra belajar-kelompok.html

Riberu, J. 2008. Mengajar Dengan Sukses. Jakarta. Gramedia

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Kencana

Stone, Randi. 2009. Cara –Cara Terbaik Mengajarkan Matematika. Jakarta. Indeks

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Tim MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika UPI, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: JICA, 2001.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.