TUMBUHAN OBAT TRADISIONAL DI DESA BATU HAMPARAN KABUPATEN ACEH TENGGARA

Muhammad Yassir dan Asnah

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tumbuhan obat yang berada di Desa Batu Hamparan Kecamatan Lawe Alas Kabupaten Aceh Tenggara. Pengambilan suatu objek yang dilakukan di setiap perkarangan rumah masyarakat yang ada di desa batu hamparan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Adapun jenis tumbuhan yang ditemukan di perkarangan rumah dan kebun masyarakat yang ada di Desa Batu Hamparan Kecamatan Lawe Alas sebanyak 46 spesies dari 29 famili.

Kata Kunci: tumbuhan obat, obat tradisional


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah. 2010. Inventarisasi Jenis-jenis Tumbuhan Berkhasiat Obat di Hutan Hujan Daratan Rendah Desa Nyamplung Pulau Karimun Jaya. Jurnal of Biosaintifikasi. 2 (2) 75-81.

Abdiyani, S. 2008. Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Bawah Berkhasiat Obat di Daratan Tinggi Dieng Balai Penelitian Kehutanan Solo Surakarta. Jurnal Penelitian Hutan dan Konsenasi Alam, 5 (1) : 79-92.

Badan Pusat Statistik Aceh. 2014. Kabupaten Aceh Tenggara.

Kartika, Trimin. 2015. Inventarisasi Jenis-jenis Tumbuhan Berkhasiat Obat di Desa Tanjung Baru Petai Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal ISSN 1829. 586x 12(1) 32-41.

Maulim. 2002. Statistik Aplikasi dalam Penelitian. Medan: Universitas Sumatra Utara.

Supriyanti, L. 2014. Studi Etnobotani Jenis-jenis Tumbuhan Obat oleh Masyarakat Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu sebagai Sumber Belajar Biologi SMP. Universitas Bengkulu.

Nurhayati, T. 2008. Uji Efek Sediaan Serbuk Instan Rimpang Kencur Sebagai Tonikum Terhadap Mencit Jantan. Skripsi. Universitas Muhammadiah Surakarta.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »