PENGARUH LOCUS OF CONTROL DAN GAYA KEPEMIMPINANTERHADAP KINERJA APARATUR PEMERINTAH KOTA LHOKSEUMAWE

Jamaluddin dan Julinda

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Locus of control dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja aparatur pemerintahan Kota Lhokseumawe. Populasi dalam penelitian ini adalah aparat pemerintah daerah yang ada di bawah pemerintahan Kota Lhokseumawe. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuisioner pada 100 responden yang menjadi sampel penelitian  dilengkapi dengan data sekunder yang diperlukan. Peralatan yang digunakan dalam menganalisis data adalah regresi linier berganda dan untuk pengujian hipotesis digunakan Uji-f dan Uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Locus of control dan faktor gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja aparat pemerintah Kota Lhokseumawe.

Keyword: Locus of control, gaya kepemimpinan dan kinerja aparatur Pemerintahan

PENDAHULUAN

Organisasi pemerintah daerah merupakan lembaga yang menjalankan roda pemerintah yang sumber legitimasinya berasal dari masyarakat. Oleh karena itu, kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat kepada penyelenggara pemerintah harus diimbangi dengan kinerja yang baik, sehingga pelayanan dapat ditingkatkan secara efektif dan menyentuh pada masyarakat. Hal ini semakin diperkuat dengan adanya pemberlakuan sistem desentralisasi pada tata pemerintahan  dalam era otonomi daerah. Kebijakan otonomi daerah pada dasarnya diarahkan untuk mendorong peningkatan kapasitas pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara lebih efektif dan efisien. Kedekatan organisasi pemerintah pada level daerah diharapkan lebih mampu menerima aspirasi riil masyarakat tentang pelayanan apa yang dibutuhkan. Oleh karena itu, diharapkan ada input yang diperoleh dalam rangka perencanaan pembangunan sehingga tidak ada kesenjangan antara perencanaan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah baik program dan anggaran dengan kebutuhan riil masyarakat.

Locus of control  adalah keyakinan individu yang mencerminkan tingkat dimana mereka percaya bahwa perilaku mereka mempengaruhi apa yang terjadi pada dirinya. Locus of control juga merupakan karakteristik kepribadian menguraikan orang yang menganggap bahwa kendali kehidupan mereka datang dari dalam diri mereka sendiri sebagai internalizers kendali kehidupan. Orang yang yakin bahwa kehidupan mereka dikendalikan oleh faktor eksternal disebut  externalizers. mereka yang percaya bahwa mereka menguak takdir mereka sendiri dan menerima tanggung jawab pribadi atas apa yang terjadi pada mereka dan dapat mengontrol hidup mereka sebagai bagian. Banyak orang memandang dirinya tidak berdaya menghadapi takdir, dikendalikan oleh kekuatan dari luar yang lebih besar disebut sebagai orang yang mempunyai kendali eksternal (Agustini Sulistyaningrum, 2009:9).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Agustini Sulistyaningrum. (2009). Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Kompetensi, Karakteristik Individu, Locus Of Control dan Penerapan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten.

Falikhatun.(2003). Pengaruh Budaya Organisasi, Locus Of Control, Dan Penerapan Sistem Informasi Terhadap Kinerja Aparat Unit – Unit Pelayanan Publik. Jurnal Empirika, vol.16, no.2, desember:263 -281

Handoko, T. Hani. (2000). Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi.

Husein, Umar. 2004. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. RajawPers. Jakarta.

Indra Bastian. (2006). Akuntansi Sektor Publik Suatu Pengantar. Jakarta. Erlangga.

Julianto. (2002). Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Locus Of Control, Konflik Peran, Komitmen Organisasi Dan Job Insecurity Yang Mempengaruhi Keinginan Pindah Kerja Pada Perusahaan Freight Forwarding Di Jakarta.

Kreitner R and Angelo Kinicki, (2005). Perilaku Organisasi, edisi terjemahan, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Kustini, Suharyadi, Fendy. (2004). Analisis Pengaruh Locus Of Control, Orientasi Tujuan Pembelajaran Dan Lingkungan Kerja Terhadap Self Efficacy Dan Transfer Pelatihan, Jurnal Ventura,Vol7, No.1, April :39 – 52

Prasetyo ,p. Puji. (2002). Pengaruh Locus Of Control Terhadap Hubungan Antara Ketidakpastian Lingkungan Dengan Karakteristik Informasi Sistem Akutansi Manajemen, Jurnal Riset Akutansi Indonesia, Vol.5, No.1, Januari :119-136.

Robbins, Stephen p, Timothy A. Judge.(2007). Perilaku Organisasi. buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Soraya Eka Ayudiati. (2010). Analisis Pengaruh Locus Of Control Terhadap Kinerja Dengan Etika Kerja Islam Sebagai Variabel Moderating.

Sugiyono, Prof., Dr.(2008). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: ALFABETA.

Umar Sekaran.(2002). Research Methods for Business: A Skill Building Approach.


Refbacks

  • »
  • »
  • »