PENERAPAN METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN PENJASKES UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR TEKNIK BERMAIN BOLA VOLLY SISWA KELAS XI AK 1 SMK NEGERI 1 MEULABOH TAHUN AJARAN 2016/2017

Thamren .

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini berjudul“Penerapan Metode Inkuiri Pada Mata Pelajaran Penjaskes Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Teknik Bermain Bola Volly Siswa Kelas XI AK 1 SMK Negeri 1 Meulaboh Tahun Ajaran 2016/2017”. Penelitian ini bertujuan untuk Ingin mengetahui Peran model inkuiri terhadap Mata Pelajaran Penjaskes Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Teknik Bermain Bola Volly Siswa Kelas XI AK 1 SMK Negeri 1 Meulaboh.Responden penelitian adalah motivasi belajar Teknik Bermain Bola Volly Siswa di kelas XI AK 1 SMK Negeri 1 Meulaboh Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 28 siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah : (1) observasi,Tes Praktikum  dan pertanyaan atau soal, diukur dengan jumlah jawaban pertanyaan atau soal dalam ruang lingkup Pembelajaran Inkuiri. Data diolah dengan menggunakan statistik dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata (mean)dan Ketuntasan Siswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1). Penerapan Metode Inkuiri Pada Mata Pelajaran Penjaskes Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Teknik Bermain Bola Volly Siswa Kelas XI AK 1 SMK Negeri 1 Meulaboh Tahun Ajaran 2016/2017 dalam keadaan kondisi yang baik dan Tuntas. 2). Motivasi belajar Teknik Bermain Bola Volly Siswa siswa di kelas XI AK 1 SMK Negeri 1 Meulaboh Tahun Ajaran 2016/2017 dalam keadaan kondisi yang baik sekali dan sangat Tuntas.

Kata Kunci:  Model Inkuiri , motivasi siswa.Tehnik Bermain Bola Basket

PENDAHULUAN

Proses pembelajaran seringkali berorientasi pada terselesaikannya materi pembelajaran saja bukan pada ketercapaian tujuan pembelajaran yakni peningkatan kompetensi siswa. Kompetensi diantaranya hasil belajar maupun kemandirian siswa dalam pembelajaran.Dapat diartikan bahwa model-model pembelajaran yang diterapkan selama ini cenderung terlalu teoritik dan melupakan peningkatan kompetensi pada diri siswa.

Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan.Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai, terbuka, dan demokratis.Oleh karena itu, pembaharuan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional.Kemajuan suatu bangsa hanya dapat dicapai melalui penataan pendidikan yang baik.Upaya peningkatan mutu pendidikan itu diharapkan dapat menaikkan harkat dan martabat manusia Indonesia.Untuk mencapai itu pendidikan harus adaptif terhadap perubahan zaman.

Banyak orang salah menafsirkan bahwa mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan di sekolah sama dengan proses penciptaan prestasi di bidang olah raga. Kesalahan tafsir ini menimbulkan kesalahan juga dalam metode atau cara mengajarkan pendidikan jasmani di sekolah. Padahal, antara pendidikan jasmani dan prestasi olah raga sama-sama memiliki metode dan target namun metode dan targetnya agak berbeda

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Hanafiah, Nanang dan Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama

Arikunto, Suharsimi. 1992. Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara

Sugiono. 2010.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Ali, M. 2002. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sukmadinata, syaodih (2007), Landasan Psikologis Proses pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Purwanto, Ngalim. (1996). Psikologi Pendidikan.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim. (1996). Psikologi Pendidikan.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Gulo. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grafindo

Sumantri, M dan Permana, J. 2001.Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CVMaulana

Purwanto, Ngalim. (1996). Psikologi Pendidikan.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution 2012.Dasar-dasar Penjaskes.Jakarta : Depdikbud.

Wasty Soemanto 2006: 34.Prinsip-prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga.Jakarta : Depdiknas.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »