PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGUNAKAN GEOBOARD PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BIREUEN

Novianti .

Sari


PENDAHULUAN

Pendidikan merupakan pembinaan pribadi secara utuh dan lebih menyangkut kepada citra dan nilai, pendidikan juga sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Brubacher (Suwarno, 2008:21) mengatakan bahwa:Pendidikan adalah proses pengembangan potensi, kemampuan, dan kapasitas manusia yang mudah dipengaruhi oleh kebiasaan, kemudian disempurnakan dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik, didukung dengan alat (media) yang disusun sedemikian rupa, sehingga pendidikan dapat digunakan untuk menolong orang lain atau dirinya sendiri dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah dittapkan.

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang wajib diajarkan disetiap jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Ini merupakan salah satu bukti bahwa matematika sangat penting dipelajari disekolah maupun kehidupan sehari-hari. Namun kenyatannya, matematika dikenal dengan pelajaran yang sangat rumit dan susah dipelajari siswa, sehingga banyak siswa yang tidak senang dengan pelajaran matematika. Padahal pembelajaran matematika memiliki manfaat sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan komunikasi, sistematis, dan kreatif, serta bekerja sama yang diperlukan siswa dalam pembelajaran agar dapat memiliki kemampuan, dan memanfaatkan informasi yang diperolehnya. Faktor lain yang mempengaruhi siswa sulit dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abdulhafi. 2008. Media papan berpaku. (online). (http:// peningkatan prestasi beljar matematika dengan media papan berpaku-wordpress. Com/2008). Diakses 16 februari 2016

Ansari, Bansu I. 2009. Komunikasi Matematik Yayasan PeNa Banda Aceh Divisi Penerbit: (Depan mesjid baiturrahman) Banda Aceh.

Arikunto,Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka.

Nufus, H. 2012. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah di kelas VII SMPN.Tesis. Medan: PPs Unimed. (tidak dipublikasikan)

Pujiati. 2004. Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika.Yogyakarta: Depdiknas.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: TARSITO.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA Bandung.

Suwarno,Wiji. 2008. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Tarmizi. 2008. Pembelajaran kooperatif “make a macth”. Bandung.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »