PENGARUH EKSTRAK DAUN MIMBA (Azedirachta indica) TERHADAP MORTALITAS ULAT DAUN (Plutella xylostella) PADA TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L)

Erdi Surya, Jailani dan Deka Maya Sartika

Sari


ABSTRAK

Insektisida nabati merupakan alternatif untuk menggantikan insektisida sintetik, karena insektisida nabati  tidak  mengakibatkan  efek  negatif bagi  manusia,  ternak maupun  lingkungan.  Rumusan  masalah  penelitian  adalah  apakah  ada  pengaruh ekstrak daun mimba (Azedirachta indica) terhadap mortalitas ulat daun (Plutella xylostella) pada tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun mimba (Azedirachta indica) terhadap  mortalitas  ulat  daun  (Plutella  xylostella) pada tanaman  bawang merah (Allium ascalonicum L). Jenis penelitian yang dilakukan adalah dengan eksperimental pola Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 4 kali ulangan. Objek  penelitian  adalah  ulat  daun  (Plutella  xylostella)  yang diperoleh  di  Kebun Tanaman Bawang Merah di Gampong Siem Kecamatan Darussalam Aceh Besar. Ulat daun (Plutella xylostella) yang digunakan sebanyak 160 ulat dengan tiap uji perlakuan sebanyak 10 ekor. Perlakuan yang diterapkan yaitu dengan konsentrasi formulasi kontrol   0%, 10%, 20%, dan 30%. Pengamatan mortalitas ulat daun (Plutella xylostella) dilakukan selama 96  jam (4 hari), setiap pagi dan sore hari. Data yang telah ditabulasikan kemudian dianalisis dengan menggunakan Analisis Varian (ANAVA). Dapat disimpulkan bahwa pemberian ekstrak daun mimba (Azedirachta indica) dapat meningkatkan mortalitas ulat daun (Plutella xylostella) pada tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.) dapat diterima.

Kata Kunci : mimba, mortalitas, bawang merah.

PENDAHULUAN

Pertumbuhan produksi rata-rata bawang merah selama periode 2009-2013 adalah sebesar 3,9% per tahun. Komponen pertumbuhan areal panen (3,5%) ternyata lebih banyak memberikan kontiribusi terhadap pertumbuhan produksi bawang merah dibandingkan dengan komponen produktivitas (0,4%). Bawang merah dihasilkan di 24 dari provinsi di Indonesia. Beberapa provinsi penghasil utama bawang merah dimana luas areal panen mencapai lebih dari 1000 hektar pertahun diantaranya adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan. Kesembilan provinsi  ini menyumbang 95,8% dengan rekapitulasi Jawa memberikan kontribusi 75% dari produksi total bawang merah di Indonesia pada tahun 2013 (Deptan, 2014).

Perlindungan tanaman mempunyai peranan penting dalam penetapan produksi pangan. Dengan teknik perlindungan tanaman yang efektif, efisien dan tepat maka populasi hama dan penyakit dapat dikendalikan sehingga tidak mengakibatkan kerugian bagi petani dan menjamin potensi hasil yang optimal. Untuk menekan populasi hama ini berbagai cara pengendalian telah ditempuh baik secara kultur teknis, mekanis, biologis maupun dengan insektisida sintetik (Pracaya, 2005). Penggunaan pestisida nabati merupakan salah satu cara dalam menggantikan peran pestisida kimia (Kardinan, 2002). Insektisida nabati merupakan alternatif sintetik, karena insektisida tidak mengakibatkan efek negative bagi manusia, ternak maupun lingkungan. Secara umum insektisida nabati diartikan sebagai suatu pestisida yang bahan dasarnya berasal dari tumbuhan yang mudah dibuat. Jenis insektisida ini bersifat mudah terurai di alam sehingga tidak mencemari lingkungan karena residu hilang (Dinas Pertanian dan Kehutanan, 2002).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

BPPT. 2007. Teknologi Budidaya Tanaman Pangan. htpp//www.iptek.net.id/ ind/teknologi-pangan/index.php id=244. (online) diakses 22 Maret 2016.

____________. 2008. Mimba (Azadirachta indica A.Juss). https://bptsitubondo. wordpress.com/ 2008/06/05/mimba-azadirachta-indica-ajuss-bag-i/. (online) diakses 2 April 2016.

Deptan. 2014. Prospek dan Arah Pengembangan Agribisnis Bawang Merah. htpp://www.litbang.deptan.go.id/special/komoditas/bawang. (online) diakses 22 Maret 2016.

Debashri, M & Tamal, M. 2012. A Review on Efficacy of Azadirachta indica A. Juss Based Biopesticides: An Indian Perspective. Research Journal of Recent Sciences Vol. 1(3), 94-99, March (2012) ISSN 2277-2502.

Irwan. 2007. Bawang Merah dan Pestisida. http://www.waspada.co.id/serba-serbi/kesehatan/artikel php article-id=7849811UH. (online) diakses 22 Maret 2016.

Kardinan, Agus. 2002. Pestisida Nabati: Ramuan dan Aplikasinya. Jakarta: Penebar Swadaya.

Pracaya. 2011. Hama dan Penyakit Tanaman. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rahayu, & Berlian. 2009. Bawang Merah. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rusdy, Alfian. 2009. Efektivitas Ekstrak Daun Mimba Dalam Pengendalian Ulat Daun (Plutella xylostella) pada Tanaman Selada. J. Floratek 4:41-54.

Sastrodiharjo. 2003. Proseding Seminar Hasil Penelitian dalam Rangka Pemanfaatan Pestisida Nabati, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat.

Sudjana. 2006. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »