PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION

ami nah

Sari


Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran akan menyebabkan interaksi yang tinggi antara
guru dengan siswa ataupun dengan siswa itu sendiri. Hal ini akan mengakibatkan suasana kelas
menjadi segar dan kondusif, dimana masing-masing siswa dapat melibatkan kemampuannya
semaksimal mungkin. Aktivitas yang timbul dari siswa akan mengakibatkan pula terbentuknya
pengetahuan dan keterampilan yang akan mengarah pada peningkatan prestasi. Salah satu model
pembelajaran yang sesuai dengan tujuan diatas adalah model pembelajaran Group Investigation.
Pembelajaran yang dilakukan dengan model pembelajaran Group Investigation dapat membuat
siswa saling bekerjasama dan berinteraksi antar siswa dalam kelompok tanpa memandang latar
belakang. Model pembelajaran Group Investigation juga dapat memotivasi dan mendorong siswa
agar aktif dalam proses belajar melalui tahap pertama sampai tahap akhir pelajaran. Berdasarkan
penelitian-penelitian tentang penerapan model pembelajaran Group Investigation, didapat bahwa
model pembelajaran ini dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran dan hasil belajar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


http://www.ras-eko.co.cc. (24 Mei

Djamarah, 2005. Strategi belajar mengajar.

Jakarta: Rineka Cipta

Dimyanti dan Mudjiono, 2009. Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta : Rineka

Cipta

Purwanto, 2006. Psikoligi pendidikan.

Bandung:CV. remaja Karya.

Purwodarminto, 2005. Kamus Besar

Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai

Pustaka

Sudrajat, Akhmad, 2009. Pembelajaran

Kooperatif Metode Group

Investigation.

http://akhmadsudrajat.worgpress.co

m (20 Juni 2009)

Sugirahayu, 2006. Prestasi Belajar. Jakarta:

Balai Pustaka

Sanjaya, Wina, 2008. Strategi

Pembelajaran Berorientasi

Standar Proses pendidikan.

Bandung: Kencana.

Suprijono, Agus,2009. Cooperative

Learning. Teori dan Aplikasi

PAIKEM. Surabaya: Pustaka

Pelajar.

Trianto, 2009, Model-Model pembelajaran

Inovatif Berorientasi

Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi

Pustaka.

Zamroni. (2000). Paradigma Pendidikan

Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf

Publishing.

http://hdl.handle.net/123456789/1050,

diakses pada tanggal 21-11-2013

http://eprints.uny.ac.id/view/subjects/DI.ht

ml, diakses pada tanggal 21-11-

http://eprints.uns.ac.id/5004/1/14890160820

pdf, diakses pada tanggal

-11-2013.

http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/

index.php/journal_pp/down

lod/28/26, diakses pada tanggal 21-

-2013.

http://ejournal.unima.ac.id/index.php/jpe/se

arch/authors/view, diakses pada

tanggal 21-11-2013


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.