PEMBINAAN KARAKTER SISWA BERDASARKAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL (SYARIAT ISLAM)

Najmuddin Najmuddin, Syarkawi Syarkawi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan karakter siswa SMAN 1 Kec. Kuta Baro Kab. Aceh Besar berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal (syariat Islam). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Kec. Kuta Baro Kab. Aceh Besar. Data penelitian diperoleh dari guru bidang studi yang menerapkan pendidikan karakter dalam KBM dan kepala SMAN 1 Kec. Kuta Baro Kab. Aceh Besar yang memberikan input tentang jenis-jenis karakter siswa yang dibangun, strategi pembangunan karakter yang telah diterapkan dan efektif serta dukungan sistem yang diperlukan dalam upaya tersebut. Adapun teknik pengumpulan data penelitian, yaitu observasi, wawancara, FGD dan studi dokumentasi. Lalu, analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu data reduction, data display, conclusion drawing. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian disimpulkan bahwa terdapat beberapa teknik pembinaan karakter siswa berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal (syariat Islam) di SMAN 1 Kec. Kuta Baro, Kab. Aceh Besar yaitu: 1) jenis karakter yang dibangun adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan dan cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggungjawab; 2) strategi pembinaan karakter yang diterapkan adalah keteladanan, internalisasi nilai-nilai Islam dalam KBM, kegiatan rutin, nasehat, kegiatan ekstrakurikuler dan ko-kurikuler, pengkondisian lingkungan berkarakter dan kerjasama; 3)strategi pembangunan karakter yang efektif adalah keteladanan, internalisasi nilai-nilai Islam dalam KBM, kegiatan rutin, nasehat, kegiatan ekstrakurikuler dan ko-kurikuler serta pengkondisian lingkungan berkarakter; dan 4) dukungan sistem yang diperlukan adalah: a) guru menangani siswa melanggar peraturan dan memberi reward bagi siswa berprestasi, b) bertanggungjawab menjalankan tugas, toleransi, kerjasama dan melaksanakan shalat berjamaah di sekolah, dan c) membiasakan siswa membaca doa sebelum dan sesudah belajar serta memberi salam, senyum dan ramah setiap bertemu siswa. Selain itu, guru memberikan contoh teladan kepada siswa melalui berbagai perilaku.

Kata kunci:  pembinaan, karakter siswa, nilai-nilai kearifan lokal


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adisusilo, Sutarjo, J.R. 2012. Pembelajaran Nilai-nilai Karakter (Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Efektif). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan). Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Barnawi; Arifin, M. 2012. Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Budiastuti, Emi. 2010. Strategi Penerapan Pendidikan pada Pembelajaran Praktek Busana. Yogyakarta: Makalah dalam Seminar Nasional “Character Building for Vocational Education” Jurusan PTBB Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 5 Desember 2010.

Mulyasa, E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich, Masnur. 2008. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual; Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Narwanti, Sri. 2011. Pendidikan Karakter (Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.