ANALISIS STRATEGI PEMASARAN, MODAL USAHA, KARAKTERISTIK WIRAUSAHA TERHADAP PERTUMBUHAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH PERIKANAN DI PIDIE JAYA

Syarifah Maihani, Muhammad Resthu, Said Mirza Pratama, Ajmir Akmal

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran, modal usaha dan karakteristik wirausaha terhadap pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah Perikanan di Pidie Jaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, yaitu untuk menemukan faktor-faktor dominan yang menghambat pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah Perikanan. Penelitian ini dilaksanakan di kawasan pesisir Pidie Jaya dan Pidie pada bulan Agustus 2020. Adapun jumlah responden penelitian adalah 24 orang yang merupakan stakeholder terkait kegiatan perikanan, terdiri atas unsur pemerintah daerah, tokoh masyarakat nelayan dan panglima laot. Teknik pengambilan sampel adalah non probablity sampling. Sedangkan, metode analisis data adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian disimpulkan bahwa: 1) strategi pemasaran dan situasi permodalan tidak berdampak signifikan terhadap pertumbuhan UMKM Perikanan di Pidie Jaya, namun karakteristik usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap permodalan dan menjadi kendala utama pelaku UKM lainnya; 2) adapun masalah permodalan yang dihadapi UMKM Perikanan adalah alat tangkap yang sederhana dan keterbatasan sumber dana. Bahkan responden mengeluhkan minimnya bantuan modal peralatan dari instansi pemerintah serta keengganan mengakses kredit perbankan menyebabkan pelaku usaha menengah perikanan sulit berkembang, karena tidak mampu menangani permintaan pasar dalam skala pasar yang lebih luas; 3) hasil survei wawancara, menyatakan pelaku usaha hendaknya mendapat perhatian serius dari pemerintah dalam mendukung kegiatan UMKM Perikanan menjadi tulang punggung kawasan pesisir, seperti bantuan modal peralatan yang didistribusikan kepada pelaku usaha dan kejelasan informasi bantuan pemerintah yang diekspos di tempat publik, sehingga pelaku usaha mendapatkan kejelasan program bantuan pemerintah.

Kata kunci:  strategi pemasaran, modal usaha, karakteristik wirausaha, pertumbuhan UMKM Perikanan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BPS. 2019. No Title. Retrieved from https://aceh.bps.go.id/ Cooper, diakses pada September 2019.

Ediraras, D. 2010. Akuntansi dan Kinerja UKM. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, Vo.15 No.2 Hal.152-158.

Hadiyati, E. 2011. Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.13 No.1.

Indarti, N., Langeberg, M. 2004. Factor Affecting Business Success Among SMEs. (Empirical Evidences from Indonesia).

Imam, Ghazali. 2003. Analisis Multivariate Menggunakan SPSS (dua). Semarang: Univ. Diponegoro.

Irjayanti, M., Azis, A.M. 2013. Barrier Factors and Potential Solutions for Indonesian SMEs. Procedia Economics and Finance, 4 (Icsmed) Hal.3-12.

Samir, A., Larso, D. 2002. Identifikasi Faktor yang Mempengaruhi Kinerja UKM Catering di Kota Bandung. Journal of Technology Management, Vol.10 No.2.

Sekaran, U. 2000. Research Methods for Business: a Skill Business Approach. New York: John Wiley., Sons.

Tambunan, T. 2005. Promoting Small and Medium Enterprises with a Clustering Approach: a Policy Experience from Indonesia. Journal of Small Business Management, Vol.43 No.2 Hal.138-154.

Utaminingsih. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Kreativitas Strategi Pemasaran terhadap Kinerja Pemasaran pada UKM Kerajinan Rotan di Desa Teluk Wetan Welahan, Jepara. Media Ekonomi dan Manajemen, Vol.31 No.2 Hal.77-87.

Wahyuningrum, P., Sukmawati, A., Kartika, L. 2016. Peningkatan Kinerja UKM Kluster Kerajinan di Kota Depok Menggunakan The House Model. Jurnal Manajemen dan Organisasi, Vo.5 No.2.

Wardi, Y., Susanto, P., Abdullah, N. L. 2017. Orientasi Kewirausahaan pada Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Sumatera Barat: Analisis Peran Moderasi dari Intensitas Persaingan, Turbulensi Pasar dan Teknologi. Jurnal Manajemen Teknologi, Vo.16 No.1 Hal.46-61.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.