ANALISIS AKAR PERSELISIHAN DAN PENYELESAIAN KONFLIK TAPAL BATAS GAMPONG DI KABUPATEN BIREUEN (Studi Kasus Desa Uteun Gathom dan Mee Rayek Kecamatan Peusangan Selatan)

Cut Khairani, Ilyas Ismail, Afdhal Afdhal

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab akar perselisihan dan penyelesaian sengketa tapal batas gampong di Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Uteun Gathom dan Desa Mee Rayek Kec. Peusangan Selatan Kec. Peusangan Selatan Kab. Bireuen. Populasi penelitian adalah seluruh Desa Uteun Gathom dan Desa Mee Rayek Kec. Peusangan Selatan dan Kantor Tata Pemerintahan Kab. Bireuen. Adapun narasumber yang menjadi sumber data primer atau informan terdiri dari 6 orang yaitu: 1) dari Kantor Camat sejumlah 2 orang; 2) bagian Tapem Setdakab Bireuen sejumlah 2 orang tokoh masyarakat Desa Uteun Gathom dan DEsa Mee Rayek Kec. Peusangan Selatan. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data penelitian melalui tahapan: 1) reduksi data, 2) sajian data, 3) menarik simpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian disimpulkan bahwa akar perselisihan sengketa tapal batas Desa Uteun Gathom dan Mee Rayek Kec. Peusangan Selatan Kab. Bireuen disebabkan oleh: 1) perbedaan kepentingan atau tujuan, 2) perbedaan individual, 3) perbedaan nilai dan keyakinan, dan 4) keterbatasan sumber daya. Adapun penyelesaian sengketa tapal batas Desa Uteun Gathom dan Mee Rayek Kec. Peusangan Selatan Kab. Bireuen, dapat dilakukan melalui: 1) pendekatan objektif antara masyarakat kedua pelah pihak melalui aparatur desa, camat, aparat keamanan dan tim kabupaten; 2) adanya pendekatan dan kerja sama; dan 3) adanya negosiasi kedua belah pihak melalu musyawarah.

Kata kunci:  akar perselisihan, penyelesaian, konflik tapal batas


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fisher, Simon., dkk. 2001. Mengelola Konflik: Keterampilan dan Strategi untuk Bertindak, Cetakan Pertama, Alih Bahasa S.N. Kartikasari, dkk, The British Counsil, Indonesia. Jakarta.

Harris, Asy’arie. Abdul Tinjauan tentang Hukum Adat Masyarakat Dayak. Kalimantan Timur.

James, A.F., R. Edward, Freeman Stoner. 1989. Management. USA: Prentice-Hall International Editions.

Lexy, J. Moleong. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Stephen. P. Robbins. 2002. Perilaku Organisasi. Jakarta: Prenhalindo.

Subarsono. 2006. Analisis Kebijakan Publik, Konsep Teori dan Aplikasi.Yogyakarta.

Soeryono, Soekanto. 1993. Kamus Sosiologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wiliam, N. Dunn. 2003. Pengantar Studi Penelitian Kebijakan. Jakarta: Bumi Aksara.

Winardi. 1994. Manajemen Konflik (Konflik Peubahan dan Pengembangan). Jakarta: Mandar Maju.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.