GENIUS LOCI PADA LAPANGAN MERDEKA DAN PENGARUH TERHADAP GEDUNG BANK INDONESIA, MEDAN

Aris Munandar

Sari


Studi ini bertujuan untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada kawasan Lapangan Merdeka dan Gedung Bank Indonesia Medan. Studi yang dilakukan dalam pemahasan ini berkaitan dengan masa lalu dan masa kini, sehingga pembahasan lebih berupa studi historis dengan paparan yang bersifat deskriptif. Indikasi perubahan pada kualitas non fisik adalah peran serta pemanfaatan lingkungan. Sedangkan indikasi untuk perubahan pada kualitas fisik meliputi perubahan pada bangunan (building massing). Studi spirit of place dengan indikasi-indikasi tersebut dilakukan dalam periode kolonial dan sekarang. Berdasarkan pembahasan di atas, disimpulkan bahwa: 1) budaya merupakan ruh suatu bangsa sehingga seseorang dapat mengenal perkembangan, kemajuan maupun kemunduran peradaban dari sejarah kebudayaan setempat. Pada permasalahan kawasan merdeka memerlukan penyesuain konsep desain kuliner yang sesuai dengan bangunan pelestarian seperti Bank Indonesia, balai kota, kantor pos dan gedung pelestarian lainnya, untuk memelihara memori masa lalu demi generasi berikutnya; 2) perkembangan zaman mendorong terjadinya perubahan drastis pada cara manusia memandang kebudayaan, ada yang cukup puas dengan tampilan modernisasi dalam balutan komersil dan ada yang tidak peduli dengan perubahan tersebut. Padahal bangsa yang mengenal sejarah adalah bangsa yang besar, sepatutnya pola pemikiran pemuda diubah dan dengan menghargai sejarah, seseorang mengenal diri sendiri; dan 3) untuk masa yang akan datang, diharapkan ruh peradaban dan marwah kawasan lapangan merdeka hidup kembali dengan diterapkannya RTBL untuk menjadikan kawasan Merdeka-Kesawan Kota Medan sebagai kawasan wisata historis yang didukung dengan fasilitas berwawasan lingkungan.

Kata kunci:  genius loci, spirit of place, Lapangan Merdeka, Gedung Bank Indonesia Medan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dunham-Jones, E., & Williamson, J. (2009). Retrofitting Suburbia: Urban Design Solutions for Redesigning Suburbs. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.

Garnham, Harry L. 1985. Maintaining The Spirit of Place. Mesa, Arizona: Publishier Corporation.

Lindarto, D. 2016. Jelajah Tempat Berkarakter bagi Model Revitalisasi Pasar Petisah Medan. Conference: Temu Ilmiah IPLBI 2016. Malang: Institut Teknologi Nasional.

Lynch, K. 1981. The Theory of Good City Form. Cambridge, Massachusetts: The M.I.T. Press.

Norberg-Schultz, C. 1980. Genius Loci: Towards a Phenomenology of Architecture. New York: Rizzoli.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.