Perhitungan dan Analisis Kontribusi dan Benefit Dana Pensiun dengan Metode Spread Devisit

Win konadi

Sari


Pension plan dimaknai sebagai suatu upaya untuk menyediakan pendapatan bagi pegawai atau karyawan di suatu isntansi/perusahaan/organisasi disaat mereka menghadapi masa pensiun.  Lembaga yang mengatur rencana pensiun ini di Indonesia disebut dengan dana pensiun. Dalam program Pension plan sangat terkait dengan masalah kontribusi dan benefit. Dalam pelunasan kontribusi oleh peserta pension plan ada kalanya mengalami kegagalan yang disebut unfuded sehingga perlu dilakukan perhitungan. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah Spread Deficits method.  Spread Deficits adalah suatu metode alternatif dalam penentuan pendanaan pensiun bagi perusahaan dana pensiun jika terjadi unfuded.

Kata Kunci : Pension Plan, Spread Deficits, unfunded, present value of future benefit


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Arthur W. Anderson. 1985. Pension Mathematics for Actuaries, Needham Massachusetts: Arthur W. Anderson.

Berin, B.N. 1989. The Fundamentals of Pension mathematics, Schaumburg. Illionis: Society of Actuaries.

Shryock, H.S., Siegel, J.S and Associates, 1975. The Methods and Materials Demography, Vol.2 US Bureau of the Census, Washington D.C.

Trowbridge, CL. 1952. Fundamentals of Pension Funding, Transactions of The Society of Actuaries, vol 4 (no. 8), hal.17-43.

Winklevoss, H.E. 1976. Pension Mathe-matics with Numerical Illustrations, Pension Research Council, Richard D. Irwin, Inc.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.