Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Intruction untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MAS Syamsuddhuha Cot Murong pada Konsep Gerak Melingkar

Marnita Aisyah M.Pd

Sari


Abstrak
Salah satu 65able65 penyebab rendahnya kemampuan berpikir siswa adalah penggunaan metode
atau model pembelajaran yang tidak sesuai didalam menyajikan materi. Kebanyakan dari guru
umumnya melaksanakan pembelajaran dengan metode konvensional seperti ceramah. Aplikasi
metode ini hanya berupa pemaparan secara lisan kepada sejumlah siswa-siswa dan siswa dituntut
mendengarkan dan mencatat seperlunya sehingga siswa menganggap pendidikan kurang
memberikan kebebasan berpikir, banyak hafalan, mengajarkan pengetahuan bukan keterampilan,
dan banyak mengajarkan logika tanpa melibatkan emosi. Akibatnya, kemampuan berpikir siswa
tidak terpenuhi seperti yang diharapkan. Salah satu model pembelajaran yang inovatif yang
dianggap dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah model pembelajaran
Problem Based Intruction. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model
pembelajaran Problem Based Intruction untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas
X MAS Syamsuddhuha Cot Murong pada konsep gerak melingkar. Penelitian dilakukan menggunakan
pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu. Adapun yang menjadi populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAS Syamsuddhuha Cot Murong yang terdiri dari 4 kelas.
Sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas X 3 yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, LKS, dan tes uraian yang diberikan melalui pre-test dan
post-test. Setelah data hasil terkumpul, selanjutnya data dianalisis data dengan menggunakan uji-t
dengan 65able65ia pengujiannya adalah “Terima Ho jika thitung < t(1-α) dan tolak Ho jika t mempunyai
harga-harga pada db (N-1) = 24. Berdasarkan hasil analisis tes rata-rata diperoleh bahwa thitung > t
65able yaitu 32,27 > 1,71, maka dapat disimpulkan hipotesis nihil (H o) ditolak, dan hipotesis kerja
(Ha) diterima. Hal ini berarti penerapan model pembelajaran Problem Based Intruction dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MAS Syamsuddhuha pada konsep gerak
melingkar.
Kata Kunci: Problem Based Intruction, Berpikir kritis, Gerak Melingkar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, Sopandi. 2010. Indeks Gain.

http://www. Matematika.us/:

Diakses Tanggal 22 juni 2012

Ahmad, Arief. 2007. Artikel Pendidikan

(memahami berpikir kritis).

http://researchiengines.com/1

arief.gtml/: Diakses Tanggal

Juni 2012

Arends, R. (1989). Learning to Teach.

Singapore: McGraw-Hill Book

Company.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur

Penelitian (Suatu Pendekatan

Praktek).

Jakarta:

Rineka

Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar

Evaluasi Pendidikan. Jakarta:

Bumi Aksara.

Darsono,

Max.2004.

Belajar

dan

Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang.

Dmiyanti dan Mudjiono. 2009. Belajar

dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Ennis, H.(1985). The Critical Thinking

Skills. Boston: Alyyn & Bacon.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.