HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI PENSIUN PADA KARYAWAN PT. SOCFINDO SEI-LIPUT KBN MEDANG ARA KABUPATEN ACEH TAMIANG

Farahdiba Thahura

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik hubungan antara kecerdasan emosi dan penyesuaian diri dengan kecemasan menghadapi pensiun pada karyawan perkebunan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, yang dilaksanakan pada tanggal 4 April s.d 9 Mei 2019 di PT. Socfindo Sei-Liput Kbn Medang Ara Kabupaten Aceh Tamiang. Populasi penelitian sebanyak 61 orang yang akan memasuki masa pensiun di PT. Socfindo Sei-Liput Kbn Medang Ara. Sedangkan sampel penelitian diperoleh menggunakan teknik population sampling, yaitu karyawan di perkebunan yang memasuki usia pensiun (laki-laki dan perempuan), pada usia pensiun 50-55 tahun dan masa kerja 25-30 tahun, yang berjumlah 61 orang. Metode pengumpulan data menggunakan metode likert. Adapun pernyataan sikap yang terkandung didalamnya, yaitu pernyataan favourable dan pernyataan unfavourable. Dokumentasi digunakan untuk mengambil data dengan cara mengetahui identitas subjek dalam skala, yang terdiri dari usia, jabatan dan jenis kelamin. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian yaitu hubungan antara kecerdasan emosi dan penyesuaian diri dengan kecemasan menghadapi pensiun digunakan dengan analisis regresi berganda, yang menunjukkan variabel dominan dalam mempengaruhi variabel terikat dan mengetahui sumbangan efektif setiap variabel. Sebelum dilakukan analisis dengan teknik regresi, dilakukan uji asumsi penelitian, yaitu: 1) uji normalitas, dan 2) uji lineritas. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa: 1) ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosi dengan kecemasan menghadapi pensiun, yang ditunjukkan oleh koefisien rx1y = - 0,325 dan p < 0,01; 2) ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara penyesuaian diri dengan kecemasan menghadapi pensiun yang ditunjukkan oleh koefisien rx2y = - 0,601 dan p < 0,01; 3) ada hubungan signifikan antara kecerdasan emosi dan penyesuaian diri dengan kecemasan menghadapi pensiun yang ditunjukkan oleh koefisien F = 16,432 dengan p < 0,0; 4) maka, karyawan PT. Socfindo Sei-Liput Kbn Medang Ara memiliki kecerdasan emosi yang cukup tinggi, penyesuaian diri yang cukup tinggi dan tingkat kecemasan menghadapi pensiun yang rendah.

Kata kunci:  hubungan, kecerdasan emosi, penyesuaian diri, kecemasan menghadapi pensiun


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Atkinson, Rita., dkk. 1999. Pengantar Psikologi, jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Azwar, S. 2000. Reliabilitas dan Validitas, edisi ke 3, cet. ke 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Chaplin, J.P. 2004. Kamus Lengkap Psikologi, cet. ke 9. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka.

Gerungan, WA. 2006. Psikologi Sosial (suatu Ringkasan). Bandung: Eresco.

Goleman, Daniel. 2000. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: Gramedia.

Hawari, Dadang. 2001. Manajemen Stress, Cemas dan Depresi. Jakarta: Fak. Kedokteran, UI.

Hurlock, E. B. 1998. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Alih Bahasa Istiwidayanti, dkk.). Jakarta: Erlangga.

Santrock, J.W. 2002. Life Spam Development: Perkembangan Masa Hidup, jilid 2. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.