MANAJEMEN PENGENDALIAN BIO MEDICAL DAN NON BIO MEDICAL DI PUSKESMAS SIMPANG MAMPLAM KABUPATEN BIREUEN TAHUN 2019

Sri Murniyanti

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengendalian bio medical dan non bio medical di Puskesmas Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen Tahun 2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yang dilaksanakan di Puskesmas Simpang Mamplam, selama dua bulan yaitu pada bulan Agustus s.d September 2019. Adapun Sumber data penelitian adalah data primer, yang diperoleh melalui observasi (pengamatan), dokumentasi dan wawancara. Sedangkan informan penelitian, yaitu: 1) kepala puskesmas 1 orang; 2) cleaning service 1 orang; 3) pegawai puskesmas 2 orang; dan 4) masyarakat 2 orang. Teknik pengumpulan data melalui teknik pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data melalui teknik analisis data kualitatif, yang dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus menerus pada setiap tahapan penelitian sehingga datanya jenuh. Adapun tahapan analisis data secara kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik simpulan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa manajemen pengendalian bio medical dan non bio medical di Puskesmas Simpang Mamplam Kab. Bireuen belum efektif. Hal ini dikarenakan pemilahan bio medical dan non bio medical tidak dilakukan petugas pelayanan puskesmas dan cleaning service. Namun, bio medical dan non bio medical yang dikumpulkan, dipemindahan ke tempat penyimpanan sementara yang ada di lingkungan puskesmas oleh petugas cleaning service. Pemindahan bio medical tersebut dilakukan setiap hari, secara manual tanpa menggunakan kontainer khusus dan tidak melalui jalur khusus, dari tempat pengumpulan ke tempat penyimpanan sementara. Penyimpanan sementara bio medical di TPS selama 3 - 4 hari. Sedangkan sampah non bio medical diangkut setiap hari oleh DPU untuk diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Lalu, dilakukan proses akhir pengendalian bio medical yaitu melalui pembakaran biasa tanpa menggunakan incenerator.

Kata kunci:  manajemen, pengendalian, bio medical, non bio medical, puskesmas


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Anies. 2012. Manajemen Berbasis Lingkungan Sosial untuk Mencagah dan Menanggulangi Penyakit Menular. Jakarta: Elex Media Komputendo.

Asmadi. 2013. Pengelolaan Limbah Medis Rumah Sakit. Yogyakarta: Goysen Publishing.

Depkes. RI. 2004. Kepmenkes RI No.1204/Menkes/SK/X/2004 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI.

__________. 2014. PP RI No. 101 tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun. Jakarta: Depkes RI.

Hasibuan, Malayu S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2011. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rachmawati, Siti. 2018. Analisis Manajemen Pengelolaan Limbah Padat Medis B3 di RS Universitas Sebelas Maret Surakarta. Prosiding SNST ke-9, 2018 Fak. Teknik Univ. Wahid Hasyim.

Siswanto. Bistaria, Phuri. 2017. Analisis Pengelolaan Limbah Medis Padat Puskesmas Rawat Inap Kab. Purworejo, 2016. Jurnal Kesehatan Masyarakat FIK. Surakarta: Univ. Muhammadiyah.

Sucipto, Dani Cecep. 2012. Teknologi Pengolahan Daur Ulang Sampah. Jakarta: Goysen Publishing.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.