PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MASALAH PADA MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI

Ratu Fazlia Inda Rahmayani, Latifah Hanum, Maulidayani Maulidayani

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis masalah dan mendeskripsikan tanggapan peserta didik dan guru terhadap LKPD yang dikembangkan pada materi redoks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE, melalui 5 tahap yaitu: analyze, design, development, implement dan evaluate. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret s.d Agustus 2018 di SMAN 9 Banda Aceh. Sedangkan, populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMAN 9 Banda Aceh dan sampel penelitian adalah peserta didik kelas X MIA 1 yang berjumlah 15 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket analisis kebutuhan, lembar penilaian kelayakan LKPD dan angket tanggapan. Angket analisis kebutuhan diberikan kepada peserta didik, lembar penilaian kelayakan LKPD diberikan kepada 2 validator dan angket tanggapan diberikan kepada peserta didik dan guru setelah menggunakan LKPD. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa: 1) LKPD berbasis masalah dikembangkan menggunakan R&D Tipe ADDIE dengan hasil validasi berupa respon tanggapan peserta didik dan guru yang menunjukkan bahwa sangat layak diterapkan sebagai bahan ajar di sekolah; dan 2) dari penilaian kelayakan LKPD oleh 2 validator diperoleh persentase sebesar 93,54% dengan kategori sangat layak dan persentase tanggapan peserta didik dan guru diperoleh sebesar 81,04% dan 92,5% berturut-turut.

Kata kunci: LKPD, berbasis masalah, reaksi redoks


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Bahriah, E. S., Feronika, T., Abdurrohim. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Hidrolisis Garam. Banten, Universitas Sultan Agung Tirtayasa: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA 2(2): 197-212.

Fathonah, I. A. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Pada Pokok Bahasan Prisma dan Limas Kelas VIII. ProsidingSeminar Nasional Masif II. Semarang: Universitas PGRI.

Fitriani, Hasan M., Musri. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga. Banda Aceh, Unsyiah: Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2): 24-35.

Frida, N., Widoretno, P. 2014. Pengembangan LKS dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Diagram Normal, Gaya Lintang dan Momen Kelas X TGB 1 SMK Negeri Sidoarjo. Surabaya, Universitas Negeri Surabaya: Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 3(1): 44-49.

Nazar, M., Rahmayani, R.F.I., Yulia, Z. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Korosi. Jakarta, Universitas Islam Negeri Jakarta: Edusains 10(2): 116-123.

Silaban, R., Sitompul, S. MF., Pasaribu, M. 2016. Inovasi Lembar Kerja Siswa Reaksi Redoks Berbasis Pemecahan Masalah untuk Siswa SMA. Medan, Universitas Negeri Medan: Jurnal Pendidikan Kimia 8(1): 65-70.

Tampubulon, S. 2014. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.