SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT THT MENGGUNAKAN METODE BAYES

Zara Yunizar

Sari


ABSTRAK

Penyakit THT merupakan penyakit yang menyerang Telinga, Hidung dan Tenggorokan, penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang banyak ditemukan pada masyarakat. Meskipun banyak ditemukan pada masyarakat, namun masih banyak masyarakat yang masih sulit mendeteksi penyakit THT berdasarkan gejala yang dirasakan, sehingga menggangap remeh dan mengabaikannya. Gejala penyakit THT pada umumnya tidak hanya menyerang Telinga, Hidung dan tenggorokan saja, namun juga dapat menyerang bagian tubuh yang lain seperti wajah, mulut, dan juga kepala serta bagian tubuh lain seperti perasaan mual dan muntah. Beberapa penyakit THT juga dapat mengancam jiwa, sehingga semakin cepat ditangani juga memberikan peluang sembuh yang semakin besar. Salah satu solusi yang dapat dilakukan dalam melakukan diagnosa penyakit THT adalah melalui deteksi dini penyakit THT menggunakan sistem pakar. Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan pengembangan teknologi dibidang medis, salah satunya sistem pakar deteksi penyakit THT. Melalui aplikasi ini, pasien dapat mendeteksi Penyakit THT yang kemungkinan dideritanya untuk kemudian melakukan konsultasi lanjut secara medis. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan metode bayes dan terdapat 48 gejala serta 9 penyakit THT. Pada pengujian, dipilih 5 gejala dan hasil diagnosa nya adalah pasien menderita tonsilitis (radang amandel) dengan persentase 31,66%. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu pasien dalam mendeteksi penyakit THT yang dideritanya lebih dini.

Kata kunci: sistem pakar, THT, Bayes


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Arhami, Muhammad; Anita, Desiani. 2006. Konsep Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi.

depkes.go.id

Dini, Beni Tedi. 2014. Diagnosa Penyakit THT pada Anak dengan Menggunakan System Pakar Berbasis Mobile Android. ISSN : 2338-493.

Febri, Ramadhan; Sahrudin; Karma, Ibrahim. 2017. Analisis Faktor Risiko Kejadian Tonsilitis Kronis pada Anak Usia 5-11 Tahun di Wilayah Kerja Puskesmas Puuwatu Kota Kendari Tahun 2017, Jimkesmas. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Vol.2 No.6 Mei 2017; ISSN 2502-731X.

Hatmoko., dkk. 2010. Arsitektur Rumah Sakit. Yogyakarta: Global Rancang Selaras.

Hartati, Sri; Sari, Iswanti. 2008. Sistem Pakar dan Pengembangannya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hendriana, Yana. 2013. Program Bantu Identifikasi Penyakit THT. Prosiding Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT). Universitas Muhammadiyah Surakarta, 23 November 2013.

Jogianto, HM. 2005. Analisa dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Lisnawati; Lucky, Lhaura Van. FC; Evi, Lindr. 2016. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit THT. Jurnal Inovtek Polbeng-Seri Informatika, Vol. 1 No. 2, November 2016. ISSN: 2527-9866.

Mardi, Turnip. 2015. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit THT Menggunakan Metode Backward Chaining. Riau: Journal of Computer Science Vol.1 No.1 Tahun 2015, hal. 1-8.

Nagel, P.; Robert, Gurkov. 2012. Dasar-dasar Ilmu THT. Edisi 2. Terj. Dany, Frans. Suwono, J.W., Suyono, Joko (Ed.). Jakarta: EGC.

Soepardi, Efiaty. A. S; Iskandar, Nurbaiti. I. 2001. Buku Ajar Ilmu Kesehatan Telinga, Hidung, Tenggorok, Kepala dan Leher, Edisi ke lima. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Wiwi. 2015. Penerapan Metode Forward Chaining untuk Mendeteksi Penyakit THT. Jatisi Vol. 1 No. 2, Maret 2015.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.