PROTOTYPE APLIKASI DEVICE CONTROLLING BERBASIS INTERNET OF THINGS

Imam Muslem R

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan prototype home control dengan menggunakan koneksi internet atau Internet of Things. Prototype yang dikembangkan menggunakan Raspberry Pi sebagai alat proses dan rangkaian LED, sirine, kipas angin dan lampu sebagai prototype dari peralatan rumah tangga yang akan dikontrol dengan menggunakan jaringan internet. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan prototype sebagai metode pengembangan sistem sistem kontrol berbasis IoT. Metode prorotype merupakan pengembangan dari metode sekuensial yang biasa digunakan dalam pengembangan sistem, yaitu metode waterfall. Prototype sistem yang dikembangkan sudah siap digunakan, namun dalam penelitian ini hanya digunakan lampu LED untuk mensimulasikan perangkat yang dikontrol. Dari hasil dan pembahasan penelitian, disimpulkan bahwa: 1) prototype yang dikembangkan untuk memudahkan pengguna dalam mengimplementasikan sistem home control atau devices control berbasis Internet of Things; 2) sistem yang dikembangkan mampu dikontrol melalui jaringan internet yaitu melalui jarak jauh; dan 3) sistem yang dikembangkan berbentuk prototype yang digunakan untuk mengontrol peralatan, seperti lampu rumah, kipas angin, AC dan peralatan rumah tangga lainnya.

Kata kunci: Devices Controlling, Internet of Things, Industri 4.0,  Raspberry


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Ai Fitri, Silvia; Erik, Haritman; Yuda, Muladi. 2014. Rancang Bangun Akses Kontrol Pintu Gerbang Berbasis Arduino dan Android.

Anonymous. 2013. Master Mikro Arduino. E-book.

Dian, Artanto. 2012. Interaksi Arduinodan LabView. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Edwar, Osnawi; Henry, Hermawan. 2014. Perancangan Sistem Pengontrolan Lampu dan AC yang terintegrasi secara Nirkabel Berbasis Low Cost dan Low Power Radio Frequency.

Junaidi, A. 2015. Internet of Things, Sejarah, Teknologi dan Penerapannya. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan. 1 (3).

Kadir, A. 2012. Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemogramanya Menggunakan Arduino.

M. Ichwan; Milda, Gustiana Husada; M. Iqbal. 2013. Pengertian Sistem Pengendalian. Institut Teknologi Nasional.

Magdalena, G.; Aribowo, A.; Halim, F. 2013. Perancangan Sistem Akses Pintu Garasi Otomatis. Proceedings Conference on Smart-Green Technology in Electrical and Information System, 301-205.

Muhammad, Ichwan; Milda, Gustiana. 2013. Pembangunan Prototipe Sistem Pengendalian Peralatan Listrik Pada Platform Android.

Safaat, Nazruddin. 2011. Android, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Wibowo, H.; Somantri, Y.; Haritman, E. 2013. Rancang Bangun Magnetic Door Lock Menggunakan Keypad dan Solenoid Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Jurnal Electrans, 12, 39-48.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.